Internasional

Negara ASEAN Mana yang Tanggap Tangani Corona?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
20 July 2020 15:03
U.S. Vice President Mike Pence poses for a group photo with ASEAN leaders at the ASEAN-US Summit in Singapore November 15, 2018. REUTERS/Edgar Su

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (COVID-19) yang berasal dari Wuhan, China, kini telah menjadi tantangan utama di banyak negara dunia, termasuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).

Untuk meredam dampak wabah, negara-negara ASEAN sebelumnya telah mengeluarkan berbagai upaya, termasuk mengeluarkan paket kebijakan fiskal atau stimulus moneter dan keuangan, yang utamanya ditujukan untuk membantu sektor-sektor yang telah sangat dipengaruhi oleh pandemi.


Menurut Wakil Sekretaris Jenderal untuk Masyarakat Ekonomi ASEAN Aladdin D. Rillo, apa yang dilakukan negara-negara ASEAN telah membuahkan hasil. Namun, ia tetap menyarankan agar negara-negara kawasan terus melanjutkan upaya tersebut.

"Dalam kasus ASEAN, kawasan ini telah mampu menghasilkan langkah-langkah yang menentukan dan tepat sasaran dan di ASEAN kita dapat mengatasi masalah yang terkait dengan kesiapan kesehatan di wilayah kita," katanya dalam wawancara di program Squawk Box CNBC Indonesia, Senin (20/7/2020).

"Pada saat yang sama, jika Anda melihat apa yang telah dilakukan negara sejauh ini, mereka telah mampu mengimplementasikan sejumlah langkah yang mencoba untuk mengurangi dampak pandemi ini."

Ketika ditanya negara mana yang lebih terdepan dalam hal penanganan terhadap wabah tersebut, Rillo mengatakan bahwa semua negara telah melakukan upaya terbaiknya.

"Saya pikir semua pihak melakukan hal yang sama untuk mengatasi pandemi dan sekali lagi seperti yang saya sebutkan sebelumnya kita telah melihat bagaimana tanggapan khusus negara telah diperkuat sejak Maret, untuk dapat memastikan bahwa negara-negara siap untuk menangani pandemi ini. Dan juga sangat jelas dalam hal tanggapan yang berbeda yang telah diimplementasikan negara-negara," paparnya.

"Saya akan mengatakan bahwa semua orang berada di kapal yang sama sejauh menangani masalah ini. Tentu saja kami juga menyadari bahwa dampak pandemi ini sangat berbeda di berbagai negara, terutama karena tingkat keterbukaan negara-negara ini."

Lebih lanjut, Rillo mengatakan bahwa dengan bekerja sama, negara-negara kawasan telah membuat kemajuan signifikan dalam menangani wabah.

"Ya saya pikir integrasi pasar atau Komunitas Ekonomi ASEAN telah menjadi respons strategis kita untuk menghadapi banyak situasi termasuk tentu saja pandemi global ini. Saya akan mengatakan bahwa pandemi berdampak memperkuat tekad kita untuk bersatu untuk memastikan bahwa dalam mengatasi pandemi itu dapat menjabarkan mekanisme dan inisiatif ASEAN yang ada, khususnya dalam hal bagaimana kita dapat mengembangkan integrasi pasar kita untuk dapat untuk mengurangi dampak pandemi ini," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading