2.133 Orang, Kasus Sembuh Corona Cetak Rekor di Indonesia

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
19 July 2020 16:10
Infografis, Masker Jangan Turun ke Dagu

Jakarta, CNBC Indonesia - Meskipun kasus kematian akibat virus corona (Covid-19) di Indonesia melesat, namun jumlah pasien sembuh bertambah 2.133 orang sehingga jumlahnya menjadi 45.401.

Hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Tim Gugus Tugas pada Minggu (19/7/2020) pukul 12.00 WIB. Dari jumlah kasus sembuh ini mencatat rekor kesembuhan tertinggi yang belum pernah sebelumnya.

Adapun hari ini, konfirmasi kasus positif bertambah 1.639 kasus sehingga jumlahnya menjadi 86.521 kasus. Ada 37.5050 suspek dimana sebanyak 20.504 spesimen yang diperiksa. Tim juga mencatat jumlah kasus meninggal bertambah 127 sehingga jumlahnya menjadi 4.143.


Sebelumnya, Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan pada pedoman pencegahan dan pengendalian COVID-19 revisi kelima oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dijelaskan bahwa penggunaan rapid test tidak digunakan untuk kepentingan diagnostik.

Ia menyebut, pada kondisi dengan keterbatasan kapasitas pemeriksaan, seperti PCR atau test dengan sampel swab, rapid test dapat digunakan untuk penapisan atau skrining. Juga dapat digunakan pada populasi tertentu, yang dianggap berisiko tinggi. Selanjutnya yang sering digunakan yakni pada situasi khusus seperti pada pelaku perjalanan. Serta untuk menguatkan pelacakan kontak erat dan pada kelompok kelompok rentan risiko.

Seperti diketahui, banyak pasien terkonfirmasi positif COVID-19 namun tidak menunjukkan gejala apapun. Ia pun menyebut merupakan tanggung jawab kita bersama untuk tidak menulari orang lain, terutama kelompok rentan. Seperti orang lanjut usia, orang dengan penyakit penyerta, dan mereka yang memiliki gangguan imunitas.

"Tanggung jawab tersebut dapat kita wujudkan dengan salah satunya yang paling penting, adalah rutin memeriksakan diri. Bisa dengan melakukan rapid test, dan kemudian dilanjutkan dengan swab test apabila diperlukan," terangnya pada konferensi pers, Sabtu (18/7/2020).


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading