Covid-19 Menyebar Via Udara, Jokowi: Disiplin Pakai Masker!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
13 July 2020 21:09
Presiden Jokowi Serahkan Bantuan Modal Kerja bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil. Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara perihal informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait kemungkinan transmisi virus Covid-19 melalui udara.

Berbicara di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jokowi meminta masyarakat bisa benar-benar mematuhi protokol kesehatan yang ketat agar tidak terjadi hal-hal yang benar-benar tidak diinginkan.

"Pakai masker, kita nggak bisa menebak arah bergerak virus seperti apa yang penting seluruh rakyat mengikuti disiplin protokol kesehatan yang ketat," kata Jokowi, Senin (13/7/2020).


"Hindari kerumunan, jaga jarak, pakai masker gitu aja," jelas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebelumnya usai rapat terbatas telah memberikan imbauan khusus kepada seluruh elemen masyarakat terkait hal itu.

"Yang bisa menyebar lewat udara itu kemungkinan mikro droplet. Itu adalah partikel-partikel kecil akibat kita ngomong [...] dan inilah yg berbahaya, terutama kalau dia di ruang tertutup apalagi ber-AC," katanya.

"Paling minim kemampuan mengapung sekitar 20 menit. Jadi kalo misal penceramah dia positif, dia ngomong satu jam di dalam ruang tertutup, kita bisa bayangkan berapa juta atau milyar covid-19 berterbangan."

Untuk itu eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kembali mengingatkan untuk tetap memakai masker. Menurutnya, WHO sudah mengakui, dan rekomendasi.

"Maka itu tambahan dari protokol kesehatan kita adalah hindari kerumunan ruang tertutup, yang ventilasinya tidak cukup baik dan tidak boleh lama-lama di ruang tertutup itu."

"Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya juga imbau setiap pertemuan untuk tolong dibatasi, terutama yang tertutup. Agar jangan sampai mikro droplet itu tidak bisa segera keluar dari ruangan."

"Termasuk juga khotbah Jumat atau khotbah di ruang tempat ibadat lain sebaiknya dipersingkat. Termasuk juga bacaan, yang biasanya panjang-panjang, kalau bisa diperpendek untuk hindari mikro droplet itu."


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading