8 Karyawan Pusri Positif Covid, Ini Langkah Manajemen

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
10 July 2020 17:03
Pupuk Sriwijaya (Dok. Pusri)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) menyatakan operasional perusahaan berjalan normal setelah delapan orang karyawannya dinyatakan positif Covid-19. Saat ini perusahaan tengah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran lebih lanjut.

Manager Humas Pusri Soerjo Hartono mengatakan penyebaran Covid-19 tersebut berasal dari luar kawasan Pusri sehingga saat ini perusahaan tengah melaksanakan protokol kesehatan yang ketat terhadap karyawan, warga komplek dan pihak lain yang mengunjungi kawasan perusahaan.

"Perusahaan berencana memberlakukan kembali sistem Work From Home (WFH) bagi karyawan di kantor, sistem shift bagi karyawan pabrik dengan pembuatan sekat di area panel untuk menjaga physical distancing serta membatasi pertemuan secara langsung digantikan dengan video/teleconference untuk rapat. Selain itu, karyawan juga rutin dibekali multivitamin untuk menunjang imunitas tubuh setiap karyawan," kata Soerjo dalam siaran persnya, Jumat (10/7/2020).


Perusahaan telah mewajibkan penggunaan masker saat beraktivitas di area perusahaan dan melakukan sterilisasi dengan sinar UV dan penyemprotan cairan desinfektan pada ruang kerja dan ruang rapat secara rutin untuk membunuh virus.

Selain itu, kontak karyawan dan keluarga yang membutuhkan akses kesehatan saat ini dialihkan ke fasilitas lain sehingga tak perlu datang ke rumah sakit Pusri. Sarana olahraga saat ini juga ditutup dan fasilitas ibadah juga dibatasi penggunaannya.

"Kebijakan cuti dan perjalanan dinas pun diatur ketat. Pusri mengurangi perjalanan dinas untuk seluruh karyawan, kecuali yang bersifat penting. Dan melarang karyawan untuk melakukan cuti keluar kota. Cuti dalam kota atau kondisi keluarga meninggal masih diperbolehkan cuti, dengan syarat harus melakukan swab test dan melaporkannya ke kantor," terangnya.

Saat ini tercatat lebih dari 90% karyawan Pusri sudah melakukan rapid test dan juga vaksinasi influenza. Apabila ada indikasi reaktif maka dilanjutkan dengan prosedur swab dan isolasi mandiri hingga hasil keluar. Apabila hasil swab positif maka tindakan selanjutnya adalah dirujuk ke RS Pusri atau RS rujukan Covid.

Adapun sebelumnya diberitakan bahwa delapan orang karyawan Pusri positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab selama satu pekan terakhir.

Direktur Utama Rumah Sakit Pusri sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan Yuwono mengatakan sebagian besar karyawan yang positif ini bekerja di bagian pengadaan barang dan jasa yang berkantor di gedung utama pabrik.

"Ini ketahuan dari hasil screening (penyaringan) kami dalam sepekan terakhir, ada yang terindikasi lalu kami teruskan dengan uji swab (usap) dan akhirnya dapat delapan orang yang positif," kata dia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Corona RI 20 April: 6.760 Positif, 590 Meninggal, 747 Sembuh


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading