Pasca Subuh, 4 Gempa Bumi Besar Landa Indonesia

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
07 July 2020 14:54
Gempa Enggano (Twitter BMKG) Foto: Gempa Enggano (Twitter BMKG)

Jakarta, CNCB Indonesia- Sebanyak empat gempa bumi mengguncang Indonesia sejak pasca subuh hingga siang hari. Bahkan gempa bumi ini terasa hingga wilayah yang berjarak ribuan kilo meter.

Berdasarkan informasi BMKG gempa pertama terjadi pada pukul 05:54 WIB di 53 kilometer (KM) barat laut Jepara, Jawa Tengah dengan kekuatan 6,1 magnitudo. Gempa ini terasa sampai ke Lombok bahkan sampai Sumatera.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyatakan hiposenter gempa yang sangat dalam, yakni 539 kilometer di bawah laut menyebabkan gempa ini terasa begitu luas.


"Karena hiposenter gempa laut jawa ini dalam sekali maka spektrum guncangannya dirasakan dalam wilayah yang sangat luas," ujar Daryono melalui twitter, Senin (7/7/2020).

Selanjutnya, gempa terjadi secara dalam waktu yang berdekatan pada 11:44 WIB di 18 Km Barat Daya Rangkasbitung, Banten dengan kekuatan 5,4 magnitudo. Berdasarkan informasi BMKG Gempa ini tidak berpotensi tsunami. Gempa ini terasa di DKI Jakarta.

Setelah itu terjadi gempa pada pukul 12:17 WIB di 234 Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kekuatan 5,0 magnitudo. Kemudian, gempa juga terjadi pada pukul 13:16 di 150 km tenggara Enggano, Bengkulu dengan kekuatan 5,2 magnitudo. Gempa Bengklu terasa hingga Tanggamus, Lampung.

Gempa yang terjadi di Banten ini pun terasa hingga Jakarta, dan membuat ramai diperbincangkan di Twitter. Tagar #gempa pun menjadi trending topic di Twitter dan berada di posisi ketiga pada pukul 14.30 WIB.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gempa Guncang Pangandaran, Fasilitas Pertamina Tak Terganggu


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading