PSBB Transisi Diperpanjang, Anies Sebar CFD ke 32 Lokasi

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
01 July 2020 17:32
CFD di JLNT Antasari Jaksel , Minggu (28/6/2020). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto) Foto: CFD di JLNT Antasari Jaksel (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang dikenal dengan sebutan car free day (CFD) di Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, DKI Jakarta, beberapa waktu lalu, sempat menuai protes dari sejumlah masyarakat. Sebab, masyarakat tampak berkurumun hingga mengabaikan protokol kesehatan yang harus diikuti demi mencegah penyebaran Covid-19.

Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Pemprov DKI Jakarta sudah mengambil tindakan dengan melakukan penyebaran kegiatan HBKB di 32 lokasi. Kegiatan itu sudah dimulai pekan lalu.

"Bukan CFD tapi kawasan bersepeda. Tujuannya agar jarak aman tercapai. Begitu banyak orang berkerumun, jalan kaki dalam jarak yang berdekatan, makanya kita dorong menggunakan sepeda di 32 lokasi dan minggu depan juga akan diteruskan," kata Anies dalam keterangan pers di Balai Kota DKI Jakarta seperti ditayangkan Youtube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta menyadari masyarakat sudah ingin berolahraga. Indikasinya adalah antrean memasuki kawasan SUGBK.

"Sebagian rumahnya gak besar, kampungnya gak ada ruang, makanya ruang terbuka dibutuhkan," ujar Anies.


Anies telah memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi DKI Jakarta selama 14 hari ke depan. Ke depan, Anies menyebut ada dua area yang akan tingkatkan pengawasannya, yaitu pasar dan transportasi umum terutama KRL.

Pertama, adalah pasar. Menurut Anies, selama satu bulan ini ada 19 pasar yang sempat ditutup satu bulan ini.

"Ke depan unsur TNI, Polri, ASN, akan diterjunkan untuk mengawasi secara ketat pasar-pasar di DKI Jakarta," katanya dalam keterangan pers di Balai Kota DKI Jakarta seperti ditayangkan Youtube Pemprov DKI Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Menurut dia, pasar yang dikelola Pemprov DKI Jakarta sebanyak 153. Kemudian, ada 150 pasar yang sifatnya berbasis komunitas yang bukan dikelola PD Pasar Jaya tetap beroperasi di kawasan masyarakat.

"Semuanya akan dilakukan pengawasan ketat, jam operasi normal. Ganjil-genap ditiadakan, tetapi jumlah yang masuk dikendalikan gak boleh lebih 50%, akan dikendalikan oleh petugas untuk mengendalikan jumlah orang di pasar," ujar Anies.

Kedua, adalah transportasi umum terutama KRL. Menurut Anies, jajaran TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta akan bekerja sama dengan PT KCI untuk memantau pengaturan penumpang KRL. Hal itu yang akan menjadi fokus pengendalian.

"Tempat-tempat lain relatif terkendali baik pengelola maupun pengunjungnya. Pasar dan KRL yang masih menjadi PR yang harus dituntaskan," kata Anies.


Saksikan video terkait di bawah ini:

Skor Mepet, Anies Perpanjang PSBB Transisi di Jakarta


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading