Jokowi Pantau Persiapan New Normal Masjid Baiturrahim Istana

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 June 2020 09:50
Jokowi tinjau kesiapan penerapan prosedur standar New Normal di sarana ibadah. Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kesiapan penerapan prosedur standar kenormalan baru (new normal) di sejumlah tempat ibadah. Kali ini, Jokowi meninjau Masjid Baiturrahim yang berada di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam keterangan kepada media, Jokowi mengatakan masjid tersebut cepat atau lambat akan kembali digunakan untuk melaksanakan ibadah dalam tatanan baru new normal bersama Covid-19

"Hari ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di Istana ini dalam rangka persiapan menuju sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan normal baru," kata Jokowi, Kamis (4/6/2020).


"Untuk nantinya segera masjid Baiturrahim segera bisa kita pakai untuk salat berjamaah atau salat sendiri," lanjutnya.

Jokowi menyebutkan bahwa Masjid Baiturrahim akan melaksanakan sejumlah protokol untuk mengantisipasi adanya penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19. Mulai dari pembersihan secara rutin dan ketat, serta penyemprotan disinfektan.

"Kita harapkan dengan penataan, dengan tanda-tanda yang jelas, tadi sudah saya lihat, dengan pembersihan masjid dengan disinfektan," kata Jokowi.

"Kita harapkan nanti apabila salat Jumat sudah dimulai lagi di masjid sudah benar-benar siap untuk melaksanakan tatanan normal baru, adaptasi normal baru," lanjutnya.



Sebagai informasi, Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sepakat bahwa pada Jumat (5/6/2020) pekan ini masjid di Ibu Kota akan kembali dibuka.

Hal tersebut dikemukakan Ketua DMI yang juga mantan wakil presiden RI Jusuf Kalla saat mengecek penyemprotan disinfektan menuju prosedur new normal di tempat ibadah. JK dan pengurus DMI mengecek kesiapan di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta.

"Bapak presiden dan gubernur [DKI Jakarta] dengan DMI sepakat untuk mulai Jumat ini masjid dibuka," kata JK dalam videonya.

Meski demikian, Ia menegaskan pembukaan masjid akan tetap bergantung pada keputusan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta yang berakhir pada hari ini, 4 Juni 2020. Jika tidak diperpanjang, maka masjid bisa digunakan akhir pekan ini.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Virus Corona Menggila, Jokowi Minta Kementerian Kebut Belanja


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading