THR Sudah Masuk Kantong PNS, Gaji ke-13 Cair Nggak ya?

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
18 May 2020 09:25
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Balaikota (CNBC Indonesi/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC IndonesiaPegawai negeri sipil (PNS) atau Aparat Sipil Negara (ASN) sudah mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran pada Jumat lalu (15/5/2020). Bagaimana dengan gaji ke-13, apakah ada?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengetakan pemberian THR PNS memang cepat, 10 hari sebelum hari raya Lebaran. Tahun ini lebaran jatuh pada tanggal 23-24 Mei 2020.




"Kami harapkan bisa dilakukan serentak paling lambat hari Jumat ini," kata Sri Mulyani, pekan lalu.

Sementara itu, untuk gaji ke-13 yang biasanya diberikan sebulan setelah THR atau saat tahun ajaran baru sekolah, kali ini berbeda. Sepertinya PNS harus bersabar. Pasalnya tahun ini, gaji ke-13 tidak dibahas berbarengan dengan THR.



Menurut Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo pembahasan akan dilakukan kuartal IV tahun ini. Artinya gaji ke-13, akan diberikan pada akhir 2020.

"Untuk gaji ke-13 akan diputuskan Oktober," katanya kepada CNBC Indonesia.

Yustinus mengatakan fokus pemerintah saat ini adalah bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak COVID-19. Termasuk fokus penggunaan APBN.

Yustinus pun meyakini konsumsi masyarakat tidak akan turun meski penyaluran gaji ke-13 dilakukan di akhir tahun. Pasalnya, anggaran tetap diberikan hanya saja waktunya yang diubah.

"Tidak (menurunkan konsumsi) saya rasa, karena hanya bergeser waktunya," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading