Internasional

WHO Sebut Setidaknya Butuh 5 Tahun untuk Kendalikan Corona

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 May 2020 08:53
WHO sebut Corona Tidak Akan Punah

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan mengatakan bahwa wabah virus corona (COVID-19) bakal tetap ada hingga waktu yang sangat lama. Bahkan mungkin baru bisa dikendalikan pada paruh kedua dekade ini.

"Saya akan mengatakan dalam jangka waktu empat hingga lima tahun, kita bisa melihat cara mengendalikan [wabah] ini." kata Swaminathan dalam webinar Global Boardroom Financial Times, Rabu (13/5/2020).



Lebih lanjut, Swaminathan mengatakan bahwa vaksin mungkin menjadi satu-satunya jalan keluar dari virus asal Wuhan, China itu. Meski untuk memproduksi dan menyebarkannya mungkin akan menghadapi cukup banyak tantangan.

Per Jumat sekitar pukul 08:30 WIB, sudah ada 4.524.474 orang yang terinfeksi virus corona secara global. Menurut Worldometers, 303.341 orang di antaranya telah meninggal dunia dan 1.703.648 orang sembuh.

Untuk menekan penyebaran wabah, sebelumnya telah banyak negara yang memberlakukan penguncian (lockdown) serta menerapkan berbagai aturan jaga jarak sosial (social distancing). Namun belakangan sudah mulai banyak negara yang melonggarkan aturan itu.

Menurut prediksi Badan Energi Internasional pada hari Kamis, setidaknya akan ada 2,8 miliar orang di seluruh dunia yang melakukan tindakan lockdown/social distancing pada akhir Mei. Jumlah itu turun dari puncak baru-baru ini yang sebanyak 4 miliar orang.




Sayangnya, beberapa negara yang mulai melonggarkan aturan, seperti China, juga kembali melaporkan peningkatan kasus. Hal ini membuat kekhawatiran akan hadirnya gelombang kedua pandemi corona.

Mempertimbangkan hal ini, pada briefing media terpisah, direktur eksekutif program kedaruratan WHO Dr. Mike Ryan telah memperingatkan bahwa virus corona "mungkin tidak akan pernah hilang" dari muka bumi.

Ia juga mengatakan tidak ada yang bisa memprediksi secara akurat kapan penyakit itu akan hilang, ketika diminta untuk menanggapi komentar Swaminathan.

"Mencoba mengendalikan virus akan membutuhkan upaya besar-besaran, bahkan jika vaksin ditemukan." katanya, sebagaimana dilaporkan CNBC International.

[Gambas:Video CNBC]


(res/res)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading