Jokowi: Jangan Cuma Mau Stimulus, Tapi Tetap PHK!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
30 April 2020 13:31
Presiden Siapkan 5 Skema Besar Program Pemulihan Ekonomi UMKM
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi kepada jajaran pemerintah daerah untuk menyiapkan stimulus dengan skema yang jelas, transparan dan terukur kepada pihak yang terdampak Covid-19.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat meresmikan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Saya hanya titip dalam menyiapkan stimulus di daerah jalankan dengan skema yang jelas," kata Jokowi, Kamis (30/4/2020).


Jokowi menegaskan tak ingin stimulus yang diberikan justru tidak berdampak apa-apa bagi masyarakat maupun pengusaha yang terdampak Covid-19. Padahal, stimulus ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat maupun pengusaha.

"Sektor apa, mendapatkan stimulus apa, dan menyelamatkan berapa tenaga kerja, semua harus dihitung. Jangan sampai hanya mau mendapat stimulus, tapi tetap PHK pekerjanya," jelasnya.

"Saya juga minta verifikasi dengan benar dan evaluasi paket stimulus yang sudah diberikan sehingga benar-benar terdampak terhadap jutaan tenaga kerja yang bergantung pada sektor riil," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa rangkaian stimulus yang diberikan pemerintah merupakan bagian dari mitigasi agar tidak terjadi PHK secara besar-besaran. Pemerintah berharap insentif ini bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun pengusaha.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading