Pegawai BI Sisihkan THR & Gaji untuk Perangi Covid-19

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
29 April 2020 11:09
Uang Rupiah/CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
Jakarta, CNBC Indonesia - Pegawai Bank Indonesia (BI) tetap mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) seperti halnya PNS. Bedanya, semua jajaran di BI mendapatkan THR tersebut, untuk PNS hanya Eselon III ke bawah.

Namun, Di tengah covid-19, THR dan gaji pegawai BI ini ternyata disisihkan juga untuk penanganan pandemi.

"BI melaksanakan 'Gerakan BI Peduli COVID-19'. Gerakan tersebut dilaksanakan antara lain melalui inisiatif pegawai BI yang menyisihkan sejumlah tertentu dari Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran dan gaji selama 6 (enam) bulan, terhitung sejak Mei hingga Oktober 2020. Kontribusi ini diikuti oleh seluruh Anggota Dewan Gubernur dan pegawai kecuali pegawai level Staf ke bawah," tulis BI dalam pengumuman resminya, Rabu (29/4/2020).


Menurut keterangan tersebut, pengelolaan dan penyaluran dana dari penyisihan THR dan gaji pegawai ini seluruhnya akan dilaksanakan oleh Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI).

Uang Rupiah/CNBC Indonesia/ Andrean KristiantoFoto: Uang Rupiah/CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
Uang Rupiah/CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto


Selain itu, Gerakan BI Peduli COVID-19 tersebut juga termasuk penyaluran bantuan sosial BI dalam Program Dedikasi untuk Negeri dan pengumpulan donasi pegawai secara sukarela yang telah dilaksanakan sejak Maret 2020.

"Gerakan BI Peduli COVID-19 ini secara keseluruhan diperkirakan akan menghimpun dana sejumlah Rp101,4 miliar yang akan disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, rumah sakit, dan masyarakat."

Dana tersebut antara lain akan digunakan untuk membeli Alat Pelindung Diri (APD), masker, ventilator, pengukur suhu tubuh, vitamin, dan sembako.

Gubernur BI Perry Warjiyo menambahkan penyisihan dana ini memang tidak dari THR tapi juga gaji sampai 6 bulan ke depan.

"Ini bentuk kepedulian sosial. Kami takut dianggap riya dan sombong," kata Perry dalam pernyataannya kepada Media.



[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading