Internasional

Trump Jawab Misteri Kematian Kim Jong Un, Ini Updatenya!

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 April 2020 09:38
FILE- In this June 30, 2019 file photo, President Donald Trump, left, meets with North Korean leader Kim Jong Un at the North Korean side of the border at the village of Panmunjom in Demilitarized Zone. North Korea on Sunday dismissed as “ungrounded” President Donald Trump’s comment that he recently received “a nice note” from the North's leader, Kim Jong Un.
(AP Photo/Susan Walsh, File)
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Amerika Serikat Donald Trump mengkonfirmasi pemberitaan soal kematian Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Trump mengatakan Kim masih hidup.

Hal ini diutarakan Trump dalam konferensi pers harian di Gedung Putih pada Senin (27/4/2020). Saat itu sejumlah wartawan bertanya apakah dirinya tahu kebenaran berita kematian diktator Korut itu.




"Ya, saya punya hal yang sangat bagus. Tapi saya tak bisa ceritakan itu sekarang. Saya hanya berharap dia baik-baik saja," kata Trump dikutip dari AFP.

"Saya harap dia baik-baik saja ... Saya tahu bagaimana keadaannya, secara relatif."


Ia pun mengatakan mungkin media juga akan mendengar kabar langsung dari Kim di sebentar lagi. "Yang tidak terlalu jauh (berbeda)," ujarnya lagi.  

Meski demikian, jawaban Trump masih menyimpan tanda tanya. Pasalnya, mantan pengusaha real estate itu tidak menjelaskan apakah benar Kim tengah sakit.

Sebelumnya, kabar kondisi kesehatan Kim memang masih simpang siur. Beberapa waktu lalu Kim dikabarkan kritis setelah menjalani sebuah operasi, bahkan kini ia dikabarkan meninggal dunia.



Spekulasi kondisi kesehatan Kim muncul setelah ia tidak menghadiri acara perayaan ulang tahun sang ayah Kim Jong Il dan kakek Kim Il Sung pada 15 April lalu, yang juga menjadi hari libur nasional di Korut.


The Daily NK, situs web berbasis Seoul yang biasa mengumpulkan informasi dari informan Korut, melaporkan bahwa Kim menjalani prosedur bedah kardiovaskular dan sekarang mulai pulih.

Pihak Korea Selatan melalui penasihat presiden Moon Chung-In mengatakan bahwa Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April dan tak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi.

Berita mengenai kesehatan pemimpin Korut adalah salah satu rahasia negara yang paling dijaga ketat. Hal ini biasanya hanya diketahui oleh segelintir orang di lingkaran dalam kepemimpinan Kim.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading