Luhut Teleponan dengan Investor Ibu Kota Baru, Ngobrol Apa?

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
21 April 2020 19:38
Menko Maritim Luhut Pandjaitan
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan Ad Interim sekaligus Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali buka suara mengenai kelanjutan proyek ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur (Kaltim).

Luhut bercerita di hadapan para anggota Komisi V DPR RI dalam rapat kerja yang berlangsung virtual. Dia bilang, belum lama ini dapat sambungan telepon dari salah satu calon investor IKN.

"Soal ibu kota itu, saya malah baru ditelepon menteri Suhail (Menteri Energi Uni Emirat Arab Suhail Al Mazrouei) dari Abu Dhabi," kata Luhut, Selasa (21/4/20).


Mulanya, komunikasi yang terjalin terkait sumbangan alat pelindung diri (APD) dari pemerintah Uni Emirat Arab kepada Indonesia. Namun kemudian pembicaraan berlanjut ke proyek IKN.



"Nah di situ mereka menanyakan lagi, ini ibu kota gimana, sovereign wealth fund jalan nggak. Saya bilang ya jalan saja karena sovereign wealth fund bukan hanya untuk ibu kota saja, tapi itu untuk infrastruktur juga," imbuh Luhut.

Kendati demikian, dia menegaskan pula kepada Menteri Suhail bahwa pemerintah Indonesia masih fokus berkonsentrasi penuh dalam penanggulangan Covid-19.

Luhut mengaku, pihak Abu Dhabi setuju dengan sikap pemerintah Indonesia namun menurutnya tetap perlu ada pembahasan lebih lanjut.

"Dia bilang setuju, tapi kita harus bicara. Karena setelah Covid-19 ini akan terjadi perubahan-perubahan struktur bagaimana berbisnis di dunia ini, panjang ceritanya lagi, karena itu bagaimana kita semua kerjakan," bebernya.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading