Internasional

AS Setop Danai WHO, Komisi Eropa Ajak Dunia Berikan Bantuan

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 April 2020 18:47
Bendera Uni Eropa dan Amerika Serikat

Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Komisi Eropa (European Commission) Ursula von der Leyen mengusulkan untuk diadakan konferensi donor pada 4 Mei untuk mendanai pembuatan dan penyebaran vaksin virus corona baru penyebab Covid-19.

"Vaksin adalah upaya terbaik kolektif kita untuk mengalahkan virus. Untuk mendukung inisiatif global ini, diperlukan dana," kata von der Leyen dalam konferensi pers melalui video, Rabu (15/4/2020).

Ia juga mengatakan bahwa konferensi tersebut akan diadakan secara online dan akan dilakukan dalam koordinasi erat dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).



Lebih lanjut, von der Leyen mengatakan bahwa badan amal kesehatan Wellcome Trust of Britain dan Gates Foundation milik miliarder teknologi AS Bill Gates, terlibat dalam persiapan tersebut.

"Saya berharap bahwa negara dan organisasi di seluruh dunia akan menanggapi panggilan ini," katanya.

Upaya itu disampaikan von der Leyen setelah sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan menghentikan pendanaan negaranya ke WHO. Alasan Trump melakukan itu karena menganggap WHO telah memberikan informasi yang salah mengenai Covid-19.

"Hari ini saya meminta pemerintahan untuk menghentikan pendanaan ke WHO sementara kajian dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah mengelola dan menutupi penyebaran virus corona," kata Trump dalam konferensi pers Gedung Putih, Selasa, dikutip dari CNBC International.

Pada 2019, Amerika Serikat menyumbang lebih dari US$ 400 juta kepada WHO sekaligus menjadi donor terbesar bagi organisasi tersebut. Anggaran WHO pada 2018-2019 sendiri berjumlah sekitar US$ 6 miliar.




Namun demikian, langkah Trump itu banyak menuai kritik dari berbagai kalangan, termasuk dari Bill Gates. Menurut pendiri Microsoft itu, kebijakan Trump merupakan sesuatu yang berbahaya.

"Pekerjaan mereka (WHO) memperlambat penyebaran Covid-19 dan jika pekerjaan itu dihentikan, tidak ada organisasi lain yang bisa menggantikannya. Dunia sekarang membutuhkan WHO lebih dari sebelumnya," cuit Gates melalui akun twitter resminya @BillGates, Rabu.

Saat ini ada 2.014.554 kasus Covid-19 global, menurut Worldometers. Dari total itu, sebanyak 127.598 meninggal dan 491.842 sembuh.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Dear Mr Trump, 430 Ribu Lebih Warga AS Terinfeksi Corona


(res/res)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading