Konsumen RI Masih Percaya Diri, Tapi...

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 April 2020 10:22
Konsumen Indonesia masih percaya diri menghadapi perekonomian saat ini dan masa mendatang. Namun kepercayaan diri itu agak menurun.

Jakarta, CNBC Indonesia - Konsumen Indonesia masih percaya diri menghadapi perekonomian saat ini dan masa mendatang. Namun kepercayaan diri itu agak menurun.

Bank Indonesia (BI) melaporkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) periode Maret 2020 sebesar 113,8. Konsumen masih optimistis karena nilai indeks di atas 100.

Akan tetapi, terlihat optimisme konsumen berkurang. Sebab pada bulan sebelumnya IKK masih di 117,7.


"Optimisme konsumen yang tertahan disebabkan oleh menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi kondisi ekonomi ke depan. Menurunnya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terutama dipengaruhi oleh ketersediaan lapangan kerja yang lebih terbatas. Sedangkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tertahan akibat persepsi konsumen terhadap kondisi kegiatan usaha 6 bulan mendatang yang tidak sekuat persepsi konsumen pada bulan sebelumnya," sebut keterangan tertulis BI, Senin (6/4/2020).

Hasil survei mengindikasikan pengeluaran konsumsi untuk tiga bulan mendatang (Juni 2020) diprakirakan masih terjaga. Hal ini tercermin dari indeks prakiraan konsumsi rumah tangga tiga bulan mendatang sebesar 165,5, relatif stabil dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya.

"Tetap terjaganya pengeluaran konsumsi tersebut terutama didorong oleh permintaan yang diprakirakan meningkat pada bulan puasa Ramadhan dan perayaan Hari Raya Idulfitri," sebut keterangan BI.


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading