Penanganan Covid-19

Anies Sebut Rp 4,5 T Siap Dibagikan ke 2,6 Juta Warga DKI

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
02 April 2020 17:05
Anies Sebut Rp 4,5 T Siap Dibagikan ke 2,6 Juta Warga DKI
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sedang berkoordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) terkait bantuan kepada warga miskin. Bantuan itu diberikan sebagai dampak dari penyebaran virus corona (Covid-19).

Hal ini terungkap ketika Anies menyampaikan laporan kepada Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam sesi konferensi video. Anies bilang, total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 4,5 triliun.

"Pembicaraan terakhir dengan Menteri Sosial (Juliari Batubara), tim DKI dan Kemensos sepakat memberikan dukungan di angka Rp 1 juta per keluarga, nanti diberikannya per keluarga, untuk digunakan bersama," ungkapnya, Kamis (2/4/20).


Anies bilang, target penerima bantuan ini sekitar 2,6 juta orang. Pada penjelasan lebih lanjut ini, angka bantuan yang disebutkan Anies kepada Ma'ruf Amin ternyata berubah.



"Jadi nilai tepatnya, jumlah orangnya targetnya 2,6 juta. Bantuan sosialnya sebesar Rp 880 ribu, diberikan dua bulan, April dan Mei, sehingga nilai totalnya adalah 4,576 triliun," urainya.

Anies juga melaporkan bahwa secara jumlah, Pemprov DKI sudah bersepakat dengan pemerintah pusat. Hal ini juga sudah dikoordinasikan di bawah Kemenko Kemaritiman dan Investasi.

"Tetapi yang belum selesai adalah data tentang siapanya. Jadi angkanya sudah disepakati, besarannya juga sudah tapi datanya yang masih dalam proses. [...] Kita janji ke bapak presiden, 10 hari untuk dapat data yang bisa digunakan untuk eksekusi," tandasnya.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading