Cegah Tak Mudik

Jokowi Siapkan Skenario Liburan Diperbanyak di Akhir 2020

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 April 2020 15:45
Pemerintah sedang menyiapkan skenario mudik diperbanyak pada akhir 2020.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersiapkan berbagai skenario untuk mengantisipasi adanya lonjakan pemudik dari wilayah Ibu Kota dalam rangka menekan penyebaran wabah Covid-19.

Berbagai skenario yang dipersiapkan salah satunya adalah mengganti hari libur nasional di lain hari. Namun, pemerintah ternyata memiliki opsi untuk memberikan libur panjang bagi masyarakat di akhir tahun.

"Kita sedang menerjemahkan semua," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers usai rapat terbatas, Selasa (2/4/2020).




"Nanti liburan mungkin diberikan lebih banyak di akhir tahun atau bagaimana, sedang dihitung," katanya.

Jokowi saat memimpin rapat terbatas sebelumnya mewacanakan untuk mengganti hari libur nasional di lain hari khusus untuk perayaan hari raya Lebaran sebagai salah satu upaya menekan angka mudik di tengah wabah Covid-19.

"Dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya, ini mungkin bisa dibicarakan," katanya.

Tak hanya itu, pemerintah juga membuka peluang untuk menggratiskan sejumlah tempat wisata di berbagai daerah untuk penunjang para pemudik. Meski demikian, hal ini masih akan dibahas lebih lanjut.

"Bisa di kemudian hari menggratiskan tempat wisata yang dimiliki oleh daerah. Saya kira kalau skenario tersebut dilakukan, kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat," katanya.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading