Sri Mulyani Singgung India yang Chaos Gara-gara Lockdown

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
01 April 2020 13:05
Demikian dikatakan Sri Mulyani dalam konferensi video, Rabu (1/4/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan PresidenĀ Joko Widodo menebitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020.

Perppu itu berisi tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan PandemiĀ Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dan/Atau Dalam Rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional Dan/Atau Stabilitas Sistem Keuangan.

s



Berbicara dalam konferensi video, Rabu (1/4/2020), Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah dalam sepekan belakangan melakukan formulasi untuk melihat situasi ekonomi Indonesia dan proyeksi ke depan.

Menurut dia, forward looking exercise juga dilakukan lantaran perkembangan Covid-19 telah memukul ekonomi masyarakat, terutama kecil dan menengah. Oleh karena itu, pemerintah harus memproteksi mereka supaya langkah-langkah di bidang kesehatan bisa dijalankan.



"Kalau self distancing, work from home, isolasi terbatas, itu semua gak akan jalan kalau masyarakat tidak diberikan jaminan sosial," kata Sri Mulyani.

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu lantas mencontohkan kondisi di India selepas PM Narendra Modi mengumumkan lockdown pekan lalu.

"Di India lockdown tanpa persiapan justru chaos dan muncul berbagai persoalan yang complicated," ujar Sri Mulyani.

"Seminggu ini bersama kabinet, empat menko, kami melihat semua aspek dan kemudian muncul dalam bentuk perppu. Ini langkah landasan hukum awal yang kita pakai untuk bapak presiden instruksikan langkah-langkah extraordinary supaya kita tetap melakukan langkah penyelamatan ekonomi," lanjutnya.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading