Covid-19

'Sementara Jangan Makan Bareng Keluarga, Tidur Sendiri!

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
27 March 2020 15:50
'Sementara Jangan Makan Bareng Keluarga, Tidur Sendiri!
Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto seperti biasa menggelar jumpa pers secara virtual. Di Graha BNPB, Jumat (27/3/2020), Yurianto menegaskan kembali kepada seluruh masyarakat untuk jaga diri dari wabah corona.

"Yang lebih penting anjuran pemerintah menjaga jarak pada kontak sosial harus dipatuhi, kalau jarak sangat dekat dan kurang dari 1,5 meter memberikan peluang besar dari orang positif sakit, dan ditubuhnya ada virus, melalui droplet dan kemudian mengenai orang lain yang sehat," papar Yurianto.

Tak cuma di luar rumah, ternyata Yurianto juga mengimbau kepada semua masyarakat di dalam rumah. Yang sakit disembuhkan, dan yang sehat harus dilindungi.


"Mari kita juga melindungi yang sehat, kita harus menjaga orang di sekitar kita tak boleh sakit. Jalankan isolasi di rumah, gunakan masker, jaga jarak fisik dengan anggota keluarga di rumah," katanya.

"Nggak usah makan bersama di satu meja, nggak perlu kemudian bergabung. Kalau ini nggak dilaksankaan penambahan kasus akan terus terjadi."

"Apalagi kita tidak tahu pasti siapa di luar yang bertemu dengan kita sakit apa ngga, memang benar kita ngga akan ketemu orang di luar dengan kondisi sakit berat."

Bahkan Yurianto meminta untuk bisa tidur sendiri-sendiri jika memungkinkan. Hal ini benar-benar untuk mengendalikan wabah covid-19 menyebar.

"Isolasi diri di rumah. Juga dimaknai jarak, dengan anggota keluarga. Jika pakai kamar sendiri memungkinkan silakan. Pakai masker di rumah, nggak makan bersama dan nggak menggunakan alat makan bersama-sama," terang Yurianto.


[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading