Internasional

Tegas! Singapura Penjarakan Warga Langgar Social Distancing

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
27 March 2020 13:15
Bagi yang melanggar akan dihukum 6 bulan dan denda hingga Rp 112 juta.
Jakarta, CNBC Indonesia - Singapura mengeluarkan aturan ketat untuk menjamin tiap masyarakat melakukan social distancing. Bahkan, bakal ada hukuman penjara hingga enam bulan jika seseorang sengaja mendekatkan diri ke orang lain.

Aturan itu secara resmi diumumkan pemerintah negeri Singa pada Jumat (27/3/2020). Ini dibuat untuk mencegah makin massif-nya penyebaran virus corona (COVID-19).




Seperti dilaporkan AFP, aturan itu memuat jarak berdiri dan duduk antara satu orang dengan yang lain, sejauh minimal satu meter. Mereka yang melanggar bukan hanya bakal dipenjara enam bulan tapi juga didenda US$ 7.000 (Rp 112 juta).

Pemilik bisnis juga diwajibkan mengatur jarak antar kursi, termasuk memastikan tiap orang mengantri sambil menjaga jarak.

"Kita harus menerapkan langkah-langkah menjaga jarak yang lebih aman sekarang, untuk meminimalkan kegiatan dan infeksi," ujar Kementerian Kesehatan setempat.



Berdasarkan data Worldometers, Singapura mencatat 683 kasus positif corona. Pasien meninggal sejumlah dua orang dan pasien sembuh 172 orang.

Secara global, total kasus terinfeksi adalah 532.279. Dengan angka pasien meninggal sebanyak 24.090 dan pasien sembuh 124.349.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading