Perangi Corona, Ini Pesan Nadiem ke 15 Ribu Relawan Mahasiswa

News - Arif Budiansyah , CNBC Indonesia
26 March 2020 19:43
Perangi Corona, Ini Pesan Nadiem ke 15 Ribu Relawan Mahasiswa Foto: Nadiem Makarim (CNBC Indonesia/Tri Susilo).
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem mengaku terharu dengan terkumpulnya 15 ribu relawan mahasiswa fakultas kesehatan dalam waktu tiga hari untuk ikut membantu program kementerian melawan wabah virus corona.

"Saya sebagai Mendikbud, mengapresiasi yang luar biasa semangat mahasiswa yang dalam waktu tiga hari sudah terdaftar 15 ribu relawan. Ini luar biasa, saya sangat terharu keberanian melihat motivasi nasioanalisme mahasiswa fakultas kesehatan dan relawan-relawan lainnya," ungkap Nadiem, pada live streaming di akun Youtube Kemendikbud, pada Kamis (26/3/2020)

Nadiem menjelaskan nantinya mahasiswa akan diterjunkan untuk membantu beragam upaya BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan program-program preventif dan promotif kesehatan.


Misalnya melalui komunikas dan edukasi, membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam tracing (penelusuran), tracking (pelacakan), serta membantu melayani call center di pusat daerah maupun di pusat-pusat lainnya dalam penanganan Covid-19.



"Memobilisasi relawan mahasiswa kesehatan untuk membantu perang melawan covid-19 ini adalah mungkin ini yang terpenting karena begitu banyaknya aktivitas yang harus dilakukan dengan talenta-talenta muda kita yang mengerti topik-topik kesehatan," kata Nadiem.

Menurutnya, dalam situasi untuk menang melawan virus corona dibutuhkan semua masyarakat terutama anak muda untuk bergotong royong.

"Marilah kita tunjukkan institusi-institusi kita bisa bergerak, bisa menjadi ujung tombak untuk melawan musuh yang tidak bisa kelihatan ini, dan menunjukkan anak-anak muda di Indonesia berani dan bisa menyelamatkan banyak nyawa Indonesia dengan cepat. Saya ucapkan sekali lagi terima kasih," ungkapnya.




[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading