Alert! Skenario Terburuk, Kasus Corona DKI Capai 8 Ribu Orang

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
26 March 2020 10:55
Skenario terburuk sudah dipetakan oleh pemerintah terkait dengan penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jakarta.
Jakarta, CNBC Indonesia - Skenario terburuk sudah dipetakan oleh pemerintah terkait dengan penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jakarta. DKI Jakarta hingga Kamis (26/3), sudah ada 472 kasus positif.

Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono mengatakan Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia memang paling banyak jatuh korban akibat virus ini.

"Dari hasil simulasi, Jakarta paling banyak, skenario terburuk bisa mencapai 6-8 ribu korban, pemerintah segera bertindak cepat dengan mengubah Wisma Atlet jadi RS darurat," katanya saat konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta, Kamis (26/3/2020).




Wisma Atlet disulap menjadi RS Darurat Virus Corona hanya dalam hitungan 4 hari. Perubahan Wisma Atlet menjadi RS Darurat Corona melibatkan banyak instansi di antara adalah Kementerian Kesehatan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, TNI, Polri, PMI hingga relawan.

"RS sudah operasional pada (23/3) tepat pada pukul 17.30 WIB, pasien yang sudah diterima sampai saat ini hari pertama (24/3 pagi) 74 pasien, pada 25 pagi 178, dan sekarang ada 208 pasien." terangnya.

RS ini memiliki kapasitas 3 ribu tempat tidur yang berada di tower 2 dan tower 7. Manakala ada kejadian terburuk, maka tower 4 dan 5 akan dimanfaatkan juga sebagai RS. Menurutnya, RS darurat virus corona ini berbeda dengan RS pada umumnya.

"Karena RS ini menerapkan sistem pelayanan visit video call, self karantina, ketiga limitasi kontak dengan petugas. Keempat, apabila makin berat dirujuk ke RS rujukan," terangnya.

Bagi pasien yang ingin berobat ke RS ini, bisa datang langsung, turun di lobi RS seperti pada kunjungan ke RS pada umumnya. Selanjutnya akan diperiksa dan ditentukan langkah selanjutnya. Namun, bisa juga menghubungi Call Center 119.

"Nanti dari petugas akan dijemput dan diantar," katanya.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading