Penanggulangan Corona

Erick Thohir Bicara Kelonggaran Cicilan Bank & Diskon Listrik

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
24 March 2020 14:25
Pemerintah menyiapkan skema untuk para pengusaha yang terdampak penyebaran virus corona (Covid-19).
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan bahwa pemerintah menyiapkan skema untuk para pengusaha yang terdampak penyebaran virus corona (Covid-19). Skema tersebut di antaranya adalah penurunan suku bunga kredit.

"Saya rasa kalau kita bicara stimulus secara besar nanti kan kebijakannya ada di Menteri Keuangan. Kita tidak bisa parsial. Tetapi yang sudah pasti, perusahaan perbankan BUMN diminta menurunkan suku bunga UKM," kata Erick Thohir di Jakarta, Selasa (24/3/20).

Skema tersebut, menurutnya, sudah sampai di meja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengaku sudah mengirimkan surat kepada Jokowi yang ditembuskan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.




"Bahkan juga, kita sudah membuat skema untuk perusahaan yang jelas industrinya terkena hari ini, ada hotel, restoran dan lain-lain. Itu udah ada, tunggu keputusan," urainya.

Erick juga sempat menjawab pertanyaan mengenai usulan pengusaha untuk memberikan diskon listrik industri. Meski belum memberikan kepastian, namun dia mengaku memahami apa yang sedang dihadapi pengusaha.

"Kalau masalah listrik, Telkom dan segala macam, itu kita tunggu keputusan. Yang pasti dengan keadaan seperti ini, kita mengerti kesulitan pengusaha, karena itu bank-bank Himbara kemarin kita udah rapat di hari Sabtu, untuk melakukan tadi stimulus seperti apa yang bisa kita bantu, tidak hanya UKM, tapi juga yang tadi saya sampaikan," urainya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KADIN, Rosan Roeslani juga mengaku masih menunggu insentif dari pemerintah mengenai pengadaan barang non-komersial.

"Yang kita tunggu, kita menginginkan, pengusaha yang memberikan donasi atau bantuan yang sifatnya non-komersial ini jangan dikenakan pajak lah. Karena sudah membantu tapi masih kena pajak bea masuk, PPN dan lain-lain. Kami sudah meminta ini kepada Menkeu, semoga dapat di respon dengan baik. Dan kami yakin akan direspons dengan baik," urainya.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading