Jokowi Minta BPJS Berikan Layanan untuk Tangani Covid-19

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 March 2020 12:15
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ada alokasi anggaran khusus dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta ada alokasi anggaran khusus dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk menangani wabah virus corona (Covid-19).

Hal tersebut ditegaskan Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan pembiayaan BPJS Kesehatan di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

"Terkait pembiayaan BPJS Kesehatan untuk pasien Covid-19, siapkan beban biaya pelayanan kesehatan atas penanganan bencana wabah Covid-19," kata Jokowi.


Jokowi menginginkan adanya alokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kepada BPJS Kesehatan untuk ikut membantu menangani wabah corona.

"Kita harus memastikan gubernur, bupati, walikota juga melakukan realokasi anggaran APBD untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang terpapar Covid-19," jelasnya.

Tak hanya itu, Jokowi juta meminta kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk segera menerapkan norma standar dan prosedur yang dibutuhkan dalam pelayanan jaminan kesehatan pasien Covid-19.

"Baik terkait informasi fasilitas kesehatan dan biaya pelayanan, serta pendataan fasilitas kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kesehata akibat Covid-19. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan." katanya.



[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading