RI Siapkan 1 Hotel Swasta Buat Isolasi Pasien Covid-19

News - Rahajeng Kusumo, CNBC Indonesia
22 March 2020 16:43
Tak cuma menyulap wisma atlet jadi rumah sakit, satu hotel swasta juga didedikasikan untuk tempat isolasi covid-19
Jakarta, CNBC Indonesia- Juru Bicara Pemerintah RI untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan upaya untuk menyediakan sarana pengobatan dan medis yang memadai terus dioptimalkan sampai saat ini.

Yuri mengatakan bahkan kini terdapat satu hotel swasta yang didedikasikan untuk ruang isolasi pasien covid-19.

"Ada satu hotel pihak swasta dideikasikan untuk isolasi dalam jumlah yang besar," kata Yuri dalam siaran langsun, Minggu (22/3/2020).


Selain hotel yang akan jadi ruang isolasi tersebut, Yuri juga mengatakan Rumah Sakit Darurat Covid 19 sudah siap beroperasi mulai besok. Rumah sakit ini sebelumnya merupakan wisma atlet yang berada di Kemayoran.



Menurut Yuri penyediaan sarana rumah sakit dan ruang isolasi ini sangat penting, ia menganjurkan agar pemerintah daerah juga menyiapkan diri dan sarana serupa di daerahnya masing-masing untuk ruang isolasi para pasien.

Untuk rumah sakit sendiri lebih ditujukan kepada pasien yang menunjukkan gejala yang berat. Dalam praktiknya harus selektif memanfaatkan kapasitas rumah sakit yang ada, tidak semua pasien secara tergesa-gesa dimasukkan ke rumah sakit.

 Menteri BUMN Erick Thohir memastikan Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Covid-19 sudah siap beroperasi mulai besok, Senin, 23 Maret 2020. 

Hal ini disampaikan Erick Thohir dalam jumpa pers bersama dengan Panglima TNI, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR dan Kepala BNPB hari ini, Minggu (22/3/2020). 

Rumah Sakit ini sebelumnya adalah Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Utara  yang dsulap menjadi tempat penanganan darurat Corona di tanah air atas kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk swasta. 

"BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB," kata Erick Thohir, Minggu (22/3/2020). 

Dalam pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona. Pertama, Zona Hijau atau tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Selanjutnya, Zona Kuning adalah Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya.

Zona Merah adalah Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

Dokter-dokter yang akan bekerja di sini gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.


[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading