Walkot Bogor Bima Arya Positif Corona, Tito: Kita Doakan

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
20 March 2020 11:55
Walikota Bogor Bima Arya mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19 atau virus corona.
Jakarta, CNBC Indonesia - Walikota Bogor Bima Arya mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19 atau virus corona. Hal ini diumumkan langsung melalui sosial media pribadinya.

Dengan pengumuman ini, maka Arya adalah kasus pertama di Indonesia seorang Kepala Daerah terinfeksi virus corona.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pun mengapresiasi sikap terbuka Arya karena mengumumkan langsung agar masyarakat juga lebih waspada.


"Kita apresiasi sikap terbuka dari Walikota Bogor Arya Bima yang secara sukarela dan dengan tenang mau mengumumkan secara terbuka ke publik bahwa yang bersangkutan positif terinfeksi Covid-19 dan dengan sukarela mengisolasi diri," ujar Tito melalui keterangan resmi, Jumat (20/3/2020).

Menurutnya, sikap terbuka seperti yang dilakukan oleh Arya Bima akan dapat membuat masyarakat memahami pentingnya mengambil tindakan jaga jarak (social distancing). Juga pentingnya upaya memperkuat ketahanan tubuh (immune system) masing-masing sebagai langkah pertama yang penting menangkal Covid-19.

"Tentu kita doakan agar Pak Arya Bima serta seluruh masyarakat yang terkena agar segera sembuh dan dapat menjalani perawatan medis dengan baik," ucapnya.

Dengan kondisi kesehatan Arya, Tito memastikan roda pemerintahan dan pelayanan publik di Kotamadya Bogor dipastikan tetap berlangsung normal seperti biasa.

Sesuai dengan aturan UU No 23 tahun 2014 pasal 65 tentang Pemerintahan Daerah menyebut bahwa dalam kondisi Kepala Daerah berhalangan menjalankan tugas, Kepala Daerah tersebut dapat menunjuk wakil walikota untuk bertindak sebagai PLT Walikota untuk menjalankan tugas dan kewenangan walikota, baik secara parsial maupun secara keseluruhan.

Dengan demikian, maka tugas Arya sementara akan digantikan oleh Wakil Walikota yang bertujuan untuk menjaga agar fungsi pemerintahan dan pelayanan masyarakat tetap berlangsung seperti biasa.

[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading