Seperti Terawan, Guru Besar UI: Covid-19 Bisa Sembuh Sendiri

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
18 March 2020 13:45
Seperti Terawan, Guru Besar UI: Covid-19 Bisa Sembuh Sendiri
Jakarta, CNBC Indonesia - Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, virus corona bisa sembuh dengan sendirinya. Dengan syarat, harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta sehat.

"Penyakit ini adalah penyakit yang bisa sembuh sendiri selama daya tahan tubuh manusia memadai untuk itu," ujarnya di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, jika daya tahan tubuh atau sistem imun kuat maka saat virus ini masuk ke dalam tubuh bisa dilawan dengan baik. Oleh karenanya, ia berharap saat ini masyarakat bisa fokus menjaga kebersihan dan kesehatannya.


"Kalau antibodi kuat maka bisa sembuh, maka sekarang kita jaga kesehatan yang tinggi sehingga bisa lawan dan hadapi virus ini," kata dia.



Meski demikian, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia ini menegaskan bahwa masyarakat tidak boleh lengah dan harus tetap waspada. Meski sehat dan menang melawan virus ini tetap harus menjaga agar tidak menjadi pembawa virus ini terutama kepada yang lebih tua dan mempunyai riwayat penyakit lain.

"Akan berisiko ke orang yang terkena dan biasanya daya tahan tubuh rendah atau riwayat penyakit lainnya. Kalau masyarakat sehat dan tidak ada penyakit lainnya maka tidak perlu panik. Tapi yang memiliki penyakit lain yang perlu dapat perhatian. Itu poin penting yang harus dipahami," jelasnya.



Oleh karenanya, sosial distancing dinilai sangat perlu dilakukan. Selain itu selalu menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan dengan sabun sesuai dengan cara yang telah dianjurkan oleh WHO.

"Untuk masyarakat umum yang punya aktivitas di tempat ramai kalau bisa hindari dan jika tidak memungkinkan maka usahakan menggunakan masker. Jadi pencegahan lebih baik," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading