Pasien Covid-19 Tambah Jadi 172, RS Swasta Mulai Dilibatkan

News - Rahajeng Kusumo Astuti, CNBC Indonesia
17 March 2020 16:23
Akhirnya pemerintah melibatkan rumah sakit swasta untuk penanganan Covid-19
Jakarta, CNBC Indonesia- Jumlah pasien yang terkena Covid-19 atau corona terus bertambah. Hingga hari ini terdapat 172 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memprediksikan bakal terjadi penambahan pasien positif Covid-19 yang signifikan.



"Total sampai hari ini (17 Maret 2020) mencapai 172 kasus. Di mana yang meninggal masih lima pasien," ungkap Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, di Graha BNPB, Selasa (17/3/2020).


Sebagai antisipasi, pemerintah pun menyiagakan sejumlah rumah sakit sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Dikerahkan 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit POLRI, dan 65 rumah sakit BUMN.

"Sudah siap juga untuk melaksanakan perawatan penderita Covid-19. Beberapa rumah sakit swasta juga berpartisipasi, salah satunya RS Pertamina Jaya dedikasikan seluruh bed untuk kasus Covid-19," jelasnya.

Dari 172 kasus itu, terbanyak berasal dari DKI Jakarta.



"Kami maklumi bahwa pintu gerbang DKI cukup besar, dan mobilitas penduduk sangat tinggi. Kemungkinan terjadinya kontak dari kasus positif cukup besar," jelasnya.

Sebanyak 172 pasien tersebut tidak seluruhnya dirawat, masih ada juga kasus lain yang hasilnya negatif namun memiliki gejala ringan dan diminta pemerintah untuk isolasi sendiri di rumah.

"Ketentuan karantina rumah sudah kami sosialisasikan kepada masyarakat, sehingga mereka tidak perlu khawatir."


[Gambas:Video CNBC]





(gus/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading