Rupiah ke 14.500/US$, BI: Kami All Out!

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
12 March 2020 16:11
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di perdagangan pasar spot hari ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di perdagangan pasar spot hari ini, melewati level Rp 14.500/US$.

Pada Kamis (12/3/2020), US$ 1 dibanderol Rp 14.510/US$ di pasar spot. Rupiah melemah 1,19% di pasar spot dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo mengatakan, BI akan terus berada di pasar untuk melakukan intervensi. Intervensi dilakukan melalui pasar spot, DNDF dan Surat Berharga Negara (SBN).


Bahkan, saat ini intensitas intervensi ditingkatkan agar rupiah tetap stabil sesuai fundamentalnya.

"Kita jaga terus, intensitas dari intervensi itu kami all out untuk stabilkan rupiah," ujarnya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Oleh karenanya, ia menekankan agar pelaku pasar keuangan tidak perlu terlalu waspada. Sebab, BI akan terus hadir di pasar untuk menstabilkan nilai tukar rupiah.

"Berapa pun levelnya, kami akan terus ada di pasar. Tenang saja, soal stabilitas kami berupaya untuk jaga itu," kata dia.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) telah memborong Surat Berharga Negara (SBN) yang dilepas asing di pasar sekunder. Sampai kemarin saja bank sentral telah menggelontorkan dana hingga Rp 130 triliun.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading