7 Pasien Baru Imported Case Corona, Tertular di Negara Mana?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 March 2020 19:37
Simak penjelasan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto.
Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto memastikan tujuh orang pasien yang diumumkan terjangkit virus corona (Covid-19) hari ini, Rabu (11/3/2020), merupakan warga negara Indonesia. Kesemuanya merupakan imported case atau tertular saat berada di luar negeri.

"Semua (tujuh orang pasien merupakan WNI)," ujar Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Yang menjadi pertanyaan pewarta, dari negara mana mereka terinfeksi? Yuri tidak menjawab detail terkait hal itu. Ia hanya memberi petunjuk bahwa masyarakat Indonesia kerap mengunjungi salah satu negara.


"Kan banyak saudara-saudara kita yang hampir setiap seminggu sekali pergi ke sana," ujarnya.



"Saya tanya ada yang berlbur, ada yang baru datang, ada yang memang punya keluarga di kota lain di negara lain," lanjut Yuri saat ditanya maksud dan tujuan mereka ke negara itu.


Lantaran penasaran, wartawan kembali menanyakan negara asal ketujuh orang pasien yang positif Covid-19.

"Coba paling banyak orang Indonesia pergi ke mana sih?," Yuri bertanya balik. Wartawan merespons dengan menyebut Singapura. Menanggapi respons itu, Yuri mengatakan, "Situ-situ aja."

Dengan penambahan tujuh pasien itu, maka total sudah ada 34 pasien yang positif terjangkit Covid-19 di RI. Dari jumlah itu, sebanyak 20 di antaranya atau mayoritas merupakan imported case atau pasien tertular saat berada di luar negeri.

[Gambas:Video CNBC]





(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading