Pemeriksaan Negatif, Pasien 06 & 014 Corona di RI Bisa Pulang

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
10 March 2020 13:30
Simak penjelasan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/3/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto melaporkan kondisi terkini 19 pasien yang positif terjangkit SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19.

"Ada yang membahagiakan kita, pasien 06 sudah masuk hari kelima, pemeriksaan negatif. Artinya kita masih menunggu pemeriksaan negatif kedua pada dua hari yang akan datang setelah itu baru kita keluarkan dari rumah sakit," ujar Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto, dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Sekadar gambaran, pasien 06 merupakan anak buah kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess yang dirawat di RSUP Persahabatan. Pasien 06 juga masuk kategori imported cases.


Menurut Yuri, pihak RSUP Persahabatan sudah memberikan edukasi kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri (self isolated).

"Ia menahan diri untuk tidak kontak dengan siapapun. Boleh kontak dengan siapapun, tapi ditahan. Boleh, tapi pada posisi 2 meteran," ujarnya.

"Dia harus lakukan self monitoring, harus perhatikan ada keluhan panas, batuk. Dia juga harus melaporkan ke petugas kesehatan. Kita akan kasih kontak petugas kesehatan," kata Yuri.

Lebih lanjut, Ia kembali menekankan hasil pemeriksaan pasien 06 baru satu kali negatif.



"Tunggu dua hari lagi. Kalau negatif tidak perlu lagi untuk dirawat. Mudah-mudahan bisa kita selesaikan," ujar Yuri.

Selain pasien 06, Ia menyebut pasien 014 juga berpotensi segera dipulangkan. Menurut Yuri, pasien itu sudah sakit selama dua hari di rumah sebelumnya. 

"Kalau berada di RS hari ketiga, tapi perjalanan penyakit ini adalah hari kelima/keenam. Kondisi dua-duanya bagus. Manakala pemeriksaan negatif akan kita pulangkan dan (dia) akan self isolated di tempat tinggalnya masing-masing," katanya.

Kemarin, Yuri mengumumkan ada penambahan 13 pasien positif terjangkit SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Pengumuman itu disampaikan dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/3/2020).

"Sehingga hari ini jumlah kasus yang terkonfirmasi positif sebanyak 19," ujarnya.

Saat ditanya di mana lokasi mereka dirawat, Yuri tidak menjawab detail. Ia hanya menyebut mereka menjawab di ibu kota dan di luar ibu kota.

"Ada yang di Jakarta dan ada yang di luar Jakarta," ujar Yuri.

Seperti diketahui, enam pasien yang positif Covid-19, dirawat di dua rumah sakit yang berbeda di Jakarta. Lima pasien, yaitu kasus 1-5, di RSPI Sulianti Saroso, sedangkan kasus 6, di RSUP Persahabatan.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading