Internasional

Takut Corona, Korut Karantina 10 Ribu Orang

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
09 March 2020 15:25
Korea Utara kini mengarantina 10 ribu orang.
Jakarta, CNBC IndonesiaKorea Utara kini mengarantina 10 ribu orang guna mencegah wabah corona menyebar. Menurut The Korea Herald yang mengutip Rodong Sinmun, ada empat provinsi yang menjadi pusat isolasi.

Sekitar 3 ribu orang dikarantina di provinsi North Pyongan. Sementara 2.630 dikarantina di Jagang. Lalu, 2.420 dikarantina di South Pyongan. Sedangkan 1.500 lainnya dikarantina di provinsi Kangwon.




Meski demikian, media pemerintah Korut itu mengatakan 40% dari orang-orang yang diisolasi tidak menunjukkan gejala sama sekali. Namun mereka dianggap suspect karena berkontak dengan warga negara lain.



"Untuk membendung penyebaran dari infeksi penyakit, ini penting untuk melakukan upaya preventif dengan fasilitas karantina ... penanganan secara khusus juga dilakukan," tulis media itu, Senin (9/3/2020).

Korea Utara saat ini belum melaporkan adanya pasien positif di negeri itu. Tapi Kim Jong Un itu dikabarkan mengintensifkan penelitian vaksin corona termasuk membatasi akses masuk di daerah perbatasan.

Pada Februari lalu, Korut melakukan masa karantina corona hingga satu bulan. Bagi mereka yang datang dari luar, karantina bahkan hingga 40 hari.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading