Wow! Dampak Corona, di China Beli Mobil Dapat Subsidi Lho

News - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 March 2020 15:01
Nah karena terdampak virus corona, pemerintah setempat berencana untuk memperkenalkan kembali subsidi untuk mendorong orang membeli kendaraan listrik.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah kota Guangzhou dan Xingtan akan memberikan insentif pembelian mobil untuk menangkal COVID-19. Kedua kota merupakan basis produksi mobil terbesar di China.

Dilansir dari Autonews, (3/3/2020), di selatan kota Guangzhou, merupakan tempat pabrik mobil Jepang yakni Toyota, Honda dan Nissan bermitra dengan perusahaan China. Nah karena terdampak virus corona, pemerintah setempat berencana untuk memperkenalkan kembali subsidi untuk mendorong orang membeli kendaraan listrik.

Media pemerintah Hunan Daily melaporkan, di Xiangtan, sebuah kota berpenduduk 3 juta orang di provinsi Hunan selatan, akan menawarkan uang tunai 3.000 yuan (Rp 6,1 juta) kepada orang-orang jika mereka membeli mobil buatan Geely.



Seperti yang telah diketahui, China merupakan pasar mobil terbesar di dunia, dan penjualannya telah jatuh selama dua tahun terakhir. Pada Januari penjualan turun 19% dari tahun sebelumnya dan Asosiasi Produsen Otomotif China memperkirakan penurunan produksi dan penjualan mobil menjadi lebih signifikan di Februari karena wabah virus corona.

Menurut Asosiasi Penumpang Mobil China dan badan industri lain, penjualan mobil China turun 89% dalam 23 hari pertama di bulan Februari. Hal itu berkaitan dengan virus corona yang telah menewaskan lebih dari 2.800 orang di China dan memaksa penutupan sementara banyak pabrik bulan lalu.

Kota tetangga Guangzhou, Foshan, tempat Volkswagen memiliki pabrik bersama FAW Group,mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan menawarkan uang tunai 2.000 yuan untuk pembelian mobil baru dan 3.000 yuan untuk penggantian mobil lama.

Pemerintah Foshan mengatakan akan menawarkan subsidi untuk membantu mengimbangi biaya pemasaran perusahaan mobil.


Asosiasi Produsen Otomotif China (CAAM), memperkirakan penjualan mobil China akan turun lebih dari 10 persen pada semester pertama tahun ini karena dampak virus, kata seorang pejabat senior.

Kementerian perdagangan China juga mengatakan bulan lalu bahwa mereka akan mempelajari langkah-langkah untuk meningkatkan penjualan mobil.
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading