RI Positif Corona, 70% Kamar Hotel di Bali Kosong

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
04 March 2020 18:50
Sebanyak 70% kamar-kamar hotel di Bali kosong tak ada pemesan kamar.
Jakarta, CNBC Indonesia - Wabah virus corona di berbagai belahan dunia berdampak pada sektor pariwisata Bali. Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, menyebut, penurunan wisatawan secara tahunan mencapai 50%.

"Penurunan rata-rata semuanya 50% secara year on year. Bulan yang sama tahun lalu dibandingkan bulan yang sama tahun ini penurunannya 50%. Februari misalnya kita (tingkat keterisian/okupansi hotel di Bali) ada pada posisi 65%. Sekarang menurun 50% dari 65% itu jadi tinggal 30-35% okupansinya (65-70% kosong)," kata pria yang akrab disapa Cok Ace itu kepada CNBC Indonesia, Rabu (4/3/20).

Salah satu pendorong penurunan kunjungan wisatawan di Bali adalah penutup rute penerbangan dari dan menuju China. Dia menyebut, market share wisatawan di Bali dari China mencapai 18%.




Namun, kehilangan pasar dari China tersebut pada akhirnya disusul juga dengan penurunan kunjungan wisatawan dari negara-negara lain.

"Dengan kondisi saat ini itu kelihatannya tidak hanya Tiongkok, negara-negara lain juga menahan diri. Sekarang kan Korea juga yang merupakan potential market kita kena masalah. Singapura yang jadi hub kita juga kena masalah," keluhnya.

Dikatakan, selama ini rata-rata kunjungan wisatawan asing di Bali mencapai 6 juta kunjungan per tahun. Dengan adanya wabah corona, kini angka itu sulit dicapai.

Sebelumnya, Ketua Umum Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan sudah terjadi 40.000 pembatalan kamar hotel dengan total nilai kerugian sebesar Rp 1 triliun menyusul wabah corona di dunia. Tak hanya itu, wisatawan dari Vietnam dan Thailand juga terjadi penurunan drastis. Di Bali, fenomena anjuran cuti bagi karyawan hotel juga terjadi.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading