Jokowi Sebut Banyak yang Sembuh dari Corona, Berapa Banyak?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 March 2020 19:45
Jokowi Sebut Banyak yang Sembuh dari Corona, Berapa Banyak?
Jakarta, CNBC Indonesia - Siang ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan konferensi pers soal update penanganan dan pencegahan virus corona di Indonesia. Dalam pernyataannya, Jokowi meminta masyarakat tetap tenang tapi waspada, karena banyak pasien corona yang sembuh dan pulih.

"Saya juga berharap masyarakat tetap waspada, tetap tenang, beraktivitas seperti biasa. Dan perlu juga saya sampaikan, bahwa gejala Virus COVID-19 ini mirip seperti flu dan faktanya sebagian terbesar dari pasien yang ada, baik di RRT, di Wuhan, kemudian di Jepang, di Iran, di Italia, itu juga hampir semuanya pasien dapat sembuh dan pulih kembali. Jadi kita tidak perlu terlalu ketakutan masalah ini tetapi tetap harus hati-hati dan waspada dalam setiap beraktivitas," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/2/2020).

Apakah benar yang disampaikan Jokowi tersebut?


Dari data arGis by John Hopkins CSSE hari ini, jumlah orang yang terinfeksi virus asal Hubei, China ini mencapai 91.313 orang. Sementara yang sembuh mencapai 48.148 orang. Bila dilihat, jumlah yang sembuh mencapai 50%. Untuk total pasien yang meninggal mencapai 3.118 orang.


Jumlah pasien virus corona terbanyak terdapat di China, yaitu 80.151 orang, Korea Selatan 5.186 orang, Italia 2.036 orang, dan nomor empat Iran sebanyak 1.501 orang.

Sementara untuk pasien yang sembuh, terbanyak di Hubei dengan angka 36.208 orang, kemudian Henan China sebanyak 1.231 orang, dan Guangdong China di nomor tiga sebanyak 1.101 orang.

Mengutip WHO, badan kesehatan dunia ini mengatakan tingkat kematian karena corona sebenarnya kecil. Walau lebih besar 1% dari penyakit flu, tingkat kematian hanya 2-5% dibanding SARS.

SARS memiliki tingkat kematian 9,5%. Rata-rata yang meninggal biasanya telah memiliki riwayat penyakit kronis lain.

[Gambas:Video CNBC]



(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading