Tamu & Menteri yang Suhu Tubuh 37,5 C Tak Boleh Masuk Istana

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 March 2020 10:16
Bahkan, para tamu harus kembali diperiksa saat memasuki kawasan Ring 1.
Jakarta, CNBC Indonesia - Istana Kepresidenan mulai melakukan berbagai upaya preventif untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di lingkungan Istana pasca dua warga Indonesia positif terjangkit virus tersebut.

Berdasarkan pemantauan CNBC Indonesia di lokasi, Selasa (3/3/2020), pemeriksaan dilakukan di dua pintu utama yang menghubungkan Istana Kepresidenan. Bahkan, para tamu harus kembali diperiksa saat memasuki kawasan Ring 1.


Para pegawai, tamu, wartawan, sampai dengan Paspampres harus diperiksa suhu tubuhnya oleh tim medis. Apabila suhu tubuh mencapai 37,5 celcius, maka yang bersangkutan tidak boleh memasuki Istana maupun Ring 1.


"Seandainya [suhu tubuh] 37,5, mereka diminta untuk kembali, sehingga tidak perlu ke masuk ke Istana," kata Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmuddin di Kantor Presiden, Jakarta.

Bey mengemukakan, pemeriksaan ini dilakukan tanpa pandang bulu. Jajaran menteri yang memasuki kawasan Ring 1, sambung dia, pun tetap mendapatkan pemeriksaan suhu tubuh untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Untuk pejabat, semua yang akan ke Istana. Termasuk Paspamres, pegawai, temen-temen wartawan, menteri. Semua yang masuk ke kompleks Istana," kata Bey.


Bey mengatakan, pemeriksaan ini akan dilakukan secara terus menerus. Istana, kata Bey, akan mengevaluasi kebijakan ini hingga situasi secara nasional mulai kondusif.

"Ini akan dilakukan terus selama 2 minggu berjalan Kita akan lihat kondisi nasional. Tapi kita akan siap sampai kondisi dinyatakan bener-bener stabil," jelasnya.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading