Gunung Merapi Erupsi Pagi Ini, Terdengar Gemuruh Keras

News - Redaksi, CNBC Indonesia
03 March 2020 07:48
Gunung Merapi kembali erupsi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Gunung Merapi di Yogyakarta kembali erupsi Selasa pagi (3/3/2020). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat tinggi kolom erupsi vertikal mencapai 6.000 meter. Awan panas guguran mencapai 2 kilometer di hulu Kali Gendol.

Keterangan yang diunggah di akun Twitter resmi BPPTKG menyebutkan bahwa telah terjadi erupsi di Gunung Merapi tanggal 3 Maret 2020 pukul 05.22 WIB. Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik.

"Trjd erupsi di G #Merapi tgl 03-03-2020 pkl 05.22 WIB. Erupsi terctt di seismgrm dgn ampl 75 mm & durasi 450 detik," demikian ditulis dalam unggahan Twitter BBPTKG, Selasa (3/2/2020) pagi seperti dikutip detikcom.


BPPTKG juga merinci bahwa tinggi kolom erupsi mencapai 6.000 meter dari puncak dan awan panas guguran meluncur ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 km. Sedangkan angin saat erupsi ke utara.

"Trmti tgi kolom erupsi ± 6.000 meter dr puncak & AP gugrn ke arah hulu K. Gendol dgn jrk max. 2 km. Arh angin saat erpsi ke Utara," demikian ditulis di Twitter BPPTKG.

Pantauan mata yang dilakukan warga dari lereng Boyolali menyebutkan, erupsi kali ini lebih besar dibandingkan erupsi 13 Februari lalu. Di atas puncak gunung juga terlihat petir yang menyambar-nyambar. Letusan pagi ini juga mengejutkan warga. Karena suara gemuruh terdengar jelas dari wilayah di radius sekitar 8-10 kilometer dari puncak Merapi.


Sejumlah warga langsung keluar rumah dan mengamati kondisi Gunung Merapi. Sebagian dari warga mengabadikan menggunakan kamera telepon selulernya.

 "Suara gemuruhnya jelas sekali sekitar 5 menit," kata Joko Laminto, salah seorang warga Mlambong, Desa Sruni, Selasa (3/3/2020) pagi.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Tiba-tiba, Merapi Meletus dan Lontarkan Abu Setinggi 6 KM


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading