Kisah Warga Depok Positif Covid-19: Berawal dari Lantai Dansa

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
02 March 2020 16:56
Simak penjelasan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (2/3/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membeberkan kronologis dua warga Kota Depok, Jawa Barat, terjangkit virus corona (Covid-19). Menurut Terawan, pada 14 Februari 2020, terjadi kontak antara WN Jepang yang tinggal di Malaysia dengan WNI yang tinggal di Depok. Kontak itu terjadi di Klub Paloma & Amigos, Jakarta.

"Karena teman dekat berdansa," ujar Terawan di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Setelah itu, pada 16 Februari 2020, WN Jepang itu kembali ke Malaysia. Pada hari yang sama, WNI yang diketahui berusia 31 tahun dan berjenis kelamin wanita itu merasakan ketidaknyamanan, ditandai dengan batuk-batuk.


Setelah itu, Ia pun memutuskan berobat jalan ke RS Mitra Keluarga Depok. Namun, hingga tanggal 26 Februari 2020, batuk-batuk yang diderita tak kunjung sembuh.

"Maka dia minta dievaluasi lebih ketat. Dia cerita kontak dengan orang Jepang dan sebagainya. Karena itu, dia dimasukkan ke dalam pasien dalam pengamatan," kata Terawan.

Pada tanggal 28 Februari 2020, WN Jepang menyatakan terkena virus corona (Covid-19) di Malaysia. Oleh karena itu, sang pasien pun dipindahkan ke RSPI Sulianti Saroso.



"Di RS itu hasilnya tadi pagi dinyatakan positif kemudian diumumkan oleh bapak presiden (Presiden Joko Widodo)," ujar Terawan.

Tadi pagi, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi ada dua orang terjangkit Covid-19 di Tanah Air.

"Sudah ditemukan, ternyata orang yang telah terkena virus corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu yang umurnya 64 tahun dan putrinya yang berumur 31 tahun. Dicek oleh tim kita, pada posisi yang, ternyata pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Pak Menteri Kesehatan bahwa ibu ini dan putrinya positif corona.," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) pagi.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

2 Orang Positif Corona Dirawat di RSPI Sulianti Saroso


(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading