Thailand Umumkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
01 March 2020 18:20
Demikian kata Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand Suwanchai Wattanayingcharoen dilansir dari Reuters.
Bangkok, CNBC Indonesia - Thailand mengumukan kasus kematian pertama akibat virus corona (Covid-19), Minggu (1/3/2020).

"Thailand mencatat kematian virus corona (Covid-19) pertama atas nama seorang pria 35 tahun, yang juga menderita demam berdarah," kata Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand Suwanchai Wattanayingcharoen dilansir dari Reuters.

Sejak 30 Januari 2020, terdapat 42 orang terjangkit Covid-19 di Thailand. Sebanyak 30 korban di antaranya telah pulih dan 11 orang masih di rawat di rumah sakit.


Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang belum melaporkan satupun kasus Covid-19.

Kendati demikian, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta semua negara waspada pada corona.

"Tidak ada negara yang boleh merasa aman. Itu fatal sekali. Virus ini punya potensi menjadi pandemi," kata Ghebreyesus, seperti diberitakan Reuters, Jumat (28/2/2020).

Dia menyebutkan virus ini ini tak membedakan ras atau etnis. Bahkan tingkat pendapatan dan perekonomian negara satu dan yang lain.

"Semua negara harus siap untuk kasus pertama, kluster penyebaran pertama, dan bukti pertama penyebaran di antara komunitas. Harus ada langkah untuk semua skenario tersebut," ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading