Jokowi akan Temui Trump, Bahas Investasi AS di Ibu Kota Baru?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 February 2020 17:11
Jokowi akan Temui Trump, Bahas Investasi AS di Ibu Kota Baru?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Pertemuan itu akan digelar di sela ASEAN-US Summit 2020 di Las Vegas, AS.

"Rencananya iya [bertemu Donald Trump]. Setelah [pertemuan ASEAN-US Summit]," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Meski demikian, ketika disinggung apakah pertemuan tersebut akan membahas kemungkinan Trump berinvestasi di Ibu Kota baru, Pramono tak menjawab secara detail.


"Tanya pak Luhut (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan," kata Pramono.

Rencana pertemuan Jokowi dan Trump ini terungkap dari penuturan Luhut. Dia mengaku pembicaraan awal mengenai itu sudah berlangsung antara Luhut dengan perwakilan AS beberapa waktu lalu, antara lain Penasihat Senior Presiden Trump, Jared Kushner.

"Pertemuan ini nanti kita tunggu pengumuman dari menlu (Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi). Kalau nanti resmi diumumkan jadi setelah AS-ASEAN Summit Meeting di Las Vegas," ungkap Luhut.



Eks Kepala Staf Kepresidenan itu mengatakan, Trump tertarik dengan rencana pemindahan ibu kota negara. Bersamaan dengan itu juga dibicarakan mengenai Sovereign Wealth Funds (SWF).

"Mereka juga tertarik sekali dengan ibu kota baru, dan ini jadi topik pembicaraan Presiden Jokowi dengan Trump, dan itu oleh Jared itu sangat disetujui. Sovereign Wealth Funds dan ibu kota baru akan jadi salah satu topik pembicaraan," katanya.

Ketertarikan Trump ini juga tidak lepas dari konsep pembangunan IKN. Moda transportasi di IKN yang didesain ramah lingkungan, menjadi perhatian Trump.

"Kita akan lihat juga pembicaraan mengenai ibu kota baru, kami juga menyampaikan rencana presiden mengenai ibu kota baru. Saya jelaskan dan Jared kasih komentar, dia bilang sangat visioner," kata Luhut. "Dan mereka juga memuji kepemimpinan Presiden Jokowi. Jared juga minta ada pembicaraan lebih detail mengenai ibu kota baru ini dengan Trump, ini lebih menarik lagi," lanjutnya.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading