Observasi WNI ABK di Diamond Princess di Mana, Pak Terawan?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 February 2020 16:54
Simak penjelasan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia memastikan akan segera mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berstatus anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Jepang dengan menggunakan jalur udara.

Meski demikian, pemerintah sampai saat ini belum menentukan akan ditempatkan di mana puluhan WNI ABK tersebut. Pasalnya, mereka tidak akan langsung dipulangkan, melainkan harus menjalani masa observasi.

"Kemungkinan di Pulau Sebaru Kecil lagi. Kita kan masih bicara terus, apa dengan kapal atau bagaimana," kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).


Sebagai informasi, pemerintah sebelumnya telah mengevakuasi WNI dari Wuhan, China, usai penyebaran virus corona (COVID-19). Mereka, kala itu menjalani masa observasi selama 14 hari di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau.

Kemarin, pemerintah pun mengangkut 188 orang WNI ABK World Dream dengan menggunakan KRI Soeharso. Mereka akan tiba pada Jumat (28/2/2020), dan ditempatkan di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.



Terawan mengakui, masa observasi WNI Diamond Princess memang lebih baik dilakukan di pulau. Namun, fokus pemerintah saat ini adalah penjemputan puluhan WNI Diamond Princess di Jepang.

"Soal nanti di mana itu kan sudah diomongkan akan berlanjut. Masih ada waktu untuk fixed-nya. Mana yang paling siap, mana yang bisa melewati dengan sehat. Kita hati-hati di situ," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading