Saudi Setop Sementara Umroh, Para Menteri Rapatkan Barisan

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
27 February 2020 16:00
Saudi Setop Sementara Umroh, Para Menteri Rapatkan Barisan
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Luar Negeri Kerajaan Saudi membuat tindakan pencegahan proaktif penyebaran COVID-19 dengan melarang dan menolak umroh. Arab Saudi juga menunda izin masuk turis dari negara-negara yang penyebaran corona di negerinya sudah berbahaya.

Para Menteri pun langsung melakukan rapat terkait dengan pelarangan tersebut di Kantor Kementerian PMK. Rapat ini dipimpin oleh Menteri PMK Muhadjir Effendi dan dihadiri oleh sejumlah Menteri terkait.

Pantauan CNBC Indonesia, Kamis (27/2/2020), telah hadir Menteri Agama Fachrul Razi Batubara, kemudian disusul oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang didampingi oleh Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto.


Tak hanya itu, hadir juga para pengelola bandara seperti Direktur Utama Angkasa Pura I dan II. Rapat ini dijadwalkan akan dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, dalam keterangan yang dimuat Kementerian Luar Negeri Saudi, di Twitter, pada Kamis (27/2/2020) dini hari, itu, pemerintah juga menunda izin masuk turis dari negara-negara yang penyebaran corona di negerinya sudah berbahaya.

"Menunda izin masuk ke kerajaan dengan visa turis dari negara-negara yang virus corona (COVID-19) telah menyebar dengan berbahaya, sesuai dengan kriteria dari otoritas kesehatan yang kompeten di kerajaan," tulis pemerintah dalam keterangan tersebut.

Bukan hanya itu, semua warga dengan pemegang KTP Saudi maupun warga negara Gulf Cooperation Council juga dilarang bepergian dari dan keluar Saudi. Kecuali jika mereka berada di luar negeri dan hendak kembali ke Saudi atau terlanjur di Saudi dan hendak kembali ke negaranya, namun dengan proses tertentu.






[Gambas:Video CNBC]





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading