Economic Outlook 2020

Sri Mulyani Tambah Dana Kartu Sembako, Kini Jadi Rp 200 Ribu!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
26 February 2020 15:21
Sri Mulyani Tambah Dana Kartu Sembako, Kini Jadi Rp 200 Ribu!
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah baru saja mengeluarkan stimulus baru untuk berbagai sektor. Stimulus berupa insentif untuk terus mendorong perekonomian di tengah tekanan global.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tidak ingin perekonomian Indonesia ikut turun akibat kondisi global terutama penyebaran virus corona, yang mengakibatkan perekonomian banyak negara di prediksi turun pada tahun ini.

"Dalam kebijakan sikap, harus countercyclical. Kalau ekonomi lemah, saya tidak boleh lemah," ujar Sri Mulyani dalam acara CNBC Economi Outlook 2020 di Hotel Ritz Carlton, rabu (26/2/2020).


Ia menjelaskan, salah satu insentif yang diberikan adalah peningkatan manfaat kartu sembako dengan penambahan anggaran. Penambahan anggaran ini ditujukan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat yang sempat turun pada kuartal IV-2019 yang berada di bawah 5%.



"Kita buat paket untuk stimulasi konsumsi. Kita berikan tambahan kartu sembako yang Rp 150 ribu per kartu penerima jadi Rp 200 ribu. Ada kenaikan Rp 50 ribu per kartu penerima," jelasnya.

Penambahan anggaran ini akan diberikan pemerintah selama 6 bulan ke depan yang dimulai pada Maret mendatang. Dengan demikian, akan ada penambahan anggaran sebesar Rp 4,56 triliun.

Ia merinci, pada tahun ini anggaran kartu sembako tercatat Rp 27,36 triliun untuk 15,2 juta penerima. Lalu, dengan penambahan Rp 4,56 triliun tersebut, maka total anggaran kartu sembako menjadi Rp 31,92 triliun.







[Gambas:Video CNBC]




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading