Ada Klaim Bebas Banjir, Perumahan JGC Cakung Ikut Kebanjiran

News - Ayos Carlos, CNBC Indonesia
25 February 2020 11:07
Corporate Communication Departemen Head PT Modernland Realty Tbk Gunawan Setyo Hadi mengklaim, banjir yang terjadi di jalan boulevard hanya sesaat.
Cakung, CNBC Indonesia - Curah hujan yang terus menerus mengguyur Jakarta sejak Selasa (25/2/2020) tidak serta merta membuat perumahan Jakarta Garden City (JGC) Cakung Timur, Jakarta Timur, yang memasang iklan di baliho dengan tagline "bebas banjir" nampaknya tidak sepenuhnya sesuai fakta.

Berdasarkan pantauan saat curah hujan masih tinggi sekitar pukul 07.00 WIB, jalur utama (boulevard) arah AEON MALL banjir parah. Hal itu sempat mengakibatkan kemacetan karena ketinggian air setengah ban mobil.

Banjir yang melanda di sejumlah titik itu diakibatkan luapan air yang tumpah dari danau. Padahal, danau yang sengaja dibuat oleh PT Modernland Realty, Tbk selaku pengembang JGC Cakung, difungsikan untuk menampung air sebagai penyeimbang ketika hujan datang.


Ketika dikonfirmasi oleh CNBC Indonesia, Corporate Communication Departemen Head PT Modernland Realty Tbk Gunawan Setyo Hadi mengklaim, banjir yang terjadi di jalan boulevard hanya sesaat dan sekarang ini dinyatakan kering.

"Hanya akses menuju di jalan Cakung Cilincing," tutur pria yang biasa disapa Gunawan, Selasa (25/02/2020).

Menurut dia, Jakarta Garden City, sebagai perumahan elite dengan banderol per unit sekitar Rp 1 miliar, telah membuat fasilitas anti banjir terutama dengan adanya tiga danau dan saluran air dengan diameter lebar.



"Kita ada tiga danau. Satu danau berukuran sekitar 14 hektare lebih yang letaknya di seberang AEON MALL dan dua danau masing-masing berukuran 2,4 hektare yang tersebar di sejumlah titik," kata Gunawan.

Saat ini, menurut dia, sejumlah cluster perumahan JGC dipastikan dalam kondisi kering meski saat ini hujan masih terus terjadi. Gunawan menambahkan, pihaknya terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar banjir yang melanda sekitar komplek JGC dapat diatasi.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading