Korban Corona Tembus 556 Orang di Korea, Mal Terpaksa Tutup!

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 February 2020 14:11
Korban virus corona melonjak hingga 10 kali lipat, sejumlah pusat belanja di Korea tutup
Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Selatan melaporkan 123 kasus coronavirus terbaru di negara tersebut. Jumlah ini menjadikan total korban terjangkit corona di negara kpop ini menjadi 556 kasus. Dari jumlah tersebut, tercatat 4 orang dinyatakan meninggal dunia.

Dilaporkan Reuters, Pusat Pencegahan dan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (KCDC) Korea menyatakan lebih dari setengah dari kasus baru ini berkaitan dengan  jemaat Gereja Shincheonji Yesus di tenggara kota Daegu, berasal dari wanita berusia 61 tahun yang dikenal sebagai 'Pasien 31' yang menghadiri layanan di gereja yang dites positif terkena virus.

Menanggapi peningkatan tajam dalam kasus baru-baru ini, KCDC menunjuk kota Daegu dan Cheongdo sebagai 'zona perawatan khusus' pada hari Jumat (21/2/2020).

Menurut laporan dari Korea Herald, korban keempat yang meninggal adalah seorang pria berusia 57 tahun yang telah dirawat di Rumah Sakit Daenam di Cheongdo, Provinsi Gyeongsang Utara.

Sedangkan korban ketiga dari virus itu dilaporkan Sabtu - seorang pria berusia 41 tahun yang dites positif dalam pemeriksaan anumerta.



Kasus corona di negari Kpop ini meroket selama beberapa hari terakhir. Telah terjadi peningkatan hingga 10 kali lipat dari 51 kasus di pada Rabu (19/2/2020) menjadi 556 pada pukul sembilan pagi ini waktu setempat.

Dari 123 kasus baru tersebut, 75 kasus berkaitan dengan gereja tersebut yang 63 diantaranya merupakan penduduk Daegu. Tujuh lainnya berasal dari Provinsi Gyeongsang Utara, dua dari Provinsi Gyeonggi, dan masing-masing satu dari Busan, Gwangju dan Provinsi Gyeongsang Selatan.

Meski sebagian besar pasien berasal dari Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara, kasus corona di Korea ini hampir terjadi di hampir semua wilayah Korea Selatan sepanjang akhir pekan ini. Termasuk Busan, Ulsan, Pulau Jeju dan Provinsi Gangwon. 




Mal Tutup
Akibat penyebaran virus yang cepat, beberapa mal dan pusat belanja di Korea Selatan menyatakan tidak akan beroperasi dalam beberapa hari ini. Termasuk pusat belanja yang berada di Seoul, untuk melakukan disinfeksi sebagai aksi lanjutan penanganan lokasi yang pernah dikunjungi pasien terduga corona.

Shinsegae Departement Store yang berada di Gangnam akan menutup area foodcourtnya yang berada di basesent selama sehari penuh, setelah dinyatakan terdapat pasien corona yang mampir ke lokasi tersebut selama satu jam pada Rabu pekan lalu bersama suaminya.

Lotte Departement Store juga memutuskan untuk menutup gerainya yang berada di barat Seoul, setelah seorang pasien corona juga diketahui mengunjungi lokasi tersebut pada Rabu lalu.

"Meskipun pasien hanya mengunjungi sebagian lakasi gerai, kami memutuskan untuk menutup seluruh gedung demi keamanan," ujar pihak Lotte.


[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading