Tol Trans Sumatera Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Siap Diresmikan

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
19 February 2020 10:44
Tol Trans Sumatera Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Siap Diresmikan
Jakarta, CNBC IndonesiaJalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni ruas tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas siap diresmikan, setelah beroperasi fungsional pada akhir 2019. Ruas Tol ini dibuka fungsional saat momen natal dan tahun baru (nataru) 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dijadwalkan meresmikan tol ini pada Jumat (21/2/2020). Peresmian akan dilakukan di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau.

Tol Trans Sumatera yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) ini, juga bisa mendukung aksesibilitas pengembangan wilayah di sekitar jalan tol. Efisiensi waktu tempuh perjalanan di pulau Sumatera pun bisa semakin cepat dengan adanya tol.


Sebelumnya, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Bintang Perbowo, menjelaskan progres Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang kini sedang dikerjakan. Ia menjelaskan, ada beberapa sesi yang sudah selesai dikerjakan. Namun, masih banyak lagi yang harus dikerjakan dalam menyelesaikan tol proyek sepanjang 2.765 Km tersebut, sebagian sudah operasi seperti Bakauheni-Terbanggi Besar.


"Bakauheni-Palembang sudah beroperasi, kemudian Medan-Binjai ada yang sedikit belum selesai, lalu Pekanbaru-Dumai sepanjang 134 Km semoga bisa beroperasi penuh Lebaran ini. Palembang-Indralaya juga," kata Bintang, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, Senin (17/2/2020).

Proyek pembangunan JTTS membutuhkan Rp 476 triliun untuk penyelesaiannya. Namun, baru sebagian kecil yang terpenuhi. Dari kebutuhan ekuitas sebanyak Rp 343 triliun, hanya Rp 55 triliun yang baru terpenuhi. Pun dari segi pinjaman, dari total kebutuhan Rp 133 triliun, baru Rp 25 triliun yang terpenuhi

Saat baru dua hari dibuka secara fungsional, ruas tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas telah dilewati 10.817 kendaraan. Hutama Karya mencatat pada hari pertama pembukaan (23/12/2019), gerbang tol Pekanbaru telah dilalui 553 kendaraan masuk dan 528 kendaraan keluar. Sementara setelah H+1 libur Natal ada total 15.040 kendaraan yang melintas.

[Gambas:Video CNBC]


"Tren kenaikan ini berlanjut sampai hari Natal (25/12), dimana volume kendaraan yang melintasi Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas meningkat menjadi 2.696 kendaraan masuk dan 2.420 kendaraan keluar tol melalui GT Pekanbaru," kata Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro, dalam siaran resminya.

Tol sepanjang 9,5 km ini telah dilengkapi rambu-rambu dan marka jalan. Selain itu, menurut Aries, Hutama Karya juga telah menyiapkan armada pelayanan lalu lintas seperti dua unit Patroli Jalan Raya, Ambulans, hingga kendaraan patrol, dan dua Pos Polantas di Simpang Masuk Ringroad KM 19 dan di Simpang Perawang. (wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading