Gas Trans Kalimantan, BPH Migas: Perlu Dukungan Pusat-Daerah

News - dob, CNBC Indonesia
14 February 2020 21:07
Gas Trans Kalimantan, BPH Migas: Perlu Dukungan Pusat-Daerah
Jakarta, CNBC Indonesia- Bertempat di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menerima Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa bersama rombongan BPH Migas.

Selain itu juga hadir Direktur Komersial PT PGN Dilo Seno Widagdo, Direktur Utama PT PGN LNG Jeffry Hotman, Direktur Finance & GA PT Pertagas Niaga Aminudin, GM PT Pelindo Mustafa dan Direktur Utama Perusda Kalimantan Barat Syariful.



Fanshurullah Asa menyampaikan komitmen BPH Migas dalam mendorong Pembangunan Jaringan Pipa Trans Kalimantan sesuai hasil FGD yang dilaksanakan BPH Migas pada Tahun 2019.


Selain itu BPH Migas memastikan kembali kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota dalam upaya mendorong terlaksananya Pembangunan Pipa Trans Kalimantan.

"Perlu dukungan nyata dari pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk membangun Pipa Trans Kalimantan," ujar Ifan, panggilan akrab Fanshurullah Asa, dalam siaran pers Jumat (14/2/2020).

Menurutnya, demi kepentingan nasional dan untuk membangun harga diri bangsa Indonesia, selagi harga gas memang kompetitif, diharapkan pengunaan gas diutamakan untuk dalam negeri terutama untuk Pembangkit Listrik, Pelabuhan, Industri, dll. "Sehingga menciptakan demand yang signifikan untuk penggunaan gas yang akan dialirkan melalui Pipa Trans Kalimantan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BPH Migas juga meminta dukungan Pemerintah Kalimantan Barat dalam Pembangunan Pipa Trans Kalimantan dari Sisi demand.



"Dengan mempertimbangkan belum tersedia jaringan pipa gas bumi dan demand belum terlalu besar ( +/- 30 BBTUD), untuk jangka pendek dan secara bertahap direncanakan membangun FSRU skala kecil atau Receiving Terminal LNG berbasis ISO Tank di sekitar pelabuhan kijing yg akan menjadi KEK di Kab Mempawah atau di kawasan PLTG 100 MW PLN di Jungkat Kab Mempawah Kalbar sebagai fasilitas pendukung penyediaan dan pendistribusian LNG," ujar Ifan.




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading