Listrik Jakarta & Jateng Padam Lagi, Ini Penjelasan PLN

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
12 February 2020 14:21
Listrik Jakarta & Jateng Padam Lagi, Ini Penjelasan PLN
Jakarta, CNBC Indonesia- PT PLN (Persero) berjanji untuk meminimalisir pemadaman usai terjadinya insiden padam listrik yang hampir melumpuhkan Pulau Jawa Agustus lalu. Namun kemarin, pemadaman terjadi lagi.

Bukan cuma di satu lokasi, tetapi dua sekaligus. Yakni di Jakarta, dan Jawa Tengah. Keduanya terjadi karena adanya gangguang di sistem kelistrikan. Di Jakarta diduga akibat adanya ledakan gardu induk Cawang 150 Kv, sementara pemadaman di Jawa karena adanya gangguan di transmisi 500 Kv.

Pemadaman di Jawa Tengah terjadi karena adanya gangguan di sistem SUTET 500 KV antara Pedan dan Kesugihan pada pukul 11.30.


Akibat gangguan tersebut, wilayah Semarang, Klaten, kudus, Magelang, Tegal, Yogyakarta, Cilacap, dan Purwokerto padam listrik.

Di waktu hampir bersamaan, gangguan juga terjadi di Jakarta dengan meledaknya gardu induk Cawang.


[Gambas:Video CNBC]





Membuat banyak pihak bertanya-tanya, ada apa dengan sistem kelistrikan PLN?

VP Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah memaparkan bahwa pemadaman yang terjadi kemarin dia dua lokasi ini merupakan kebetulan. " Kebetulan aja hampir bareng tapi tidak bersamaan, kemarin namun beda lokasi," ujarnya, Rabu (12/2/2020).

Ia menjelaskan gangguan yang terjadi kemarin tidak diinginkan oleh siapapun. Meskipun, upaya maksimal telah dilakukan oleh PLN secara maksimal agar gangguan tidak terjadi.

"Ibarat abang nyopir tapi sudah hati-hati dan mobil sudah dicek semua namun tiba-tiba radiator bocor dan mobil harus berhenti. Jadi ini tidak dinginkan oleh siapapun," jelas Dwi.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading