Virus Corona Menggila, Jokowi Minta Kementerian Kebut Belanja

News - Ratu Rina Windarty, CNBC Indonesia
11 February 2020 14:27
Demikian kata Jokowi saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020).
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo memimpin Sidang Kabinet Paripurna dengan topik Antisipasi Dampak Perekonomian Global di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/2/2020). Dalam pengantarnya, Jokowi menyoroti masalah belanja kementerian dan lembaga.

"Dalam situasi seperti yang kita alami sekarang ini kecepatan kita membelanjakan anggaran-anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin akan menjadi sebuah pengungkit," ujarnya.

Kepala negara menuturkan perekonomian global saat ini tidak ada dalam situasi yang bersahabat. Sebab, ada efek masif dari penyebaran virus corona yang baru, yaitu Coronavirus 2019-nCoV.


"Oleh sebab itu, sekali lagi saya harapkan sebelum Januari ini, sebelum Februari ini, belanja agar direalisasikan secepat-cepatnya di seluruh kementerian dan lembaga," kata Jokowi.



Secara khusus, eks Wali Kota Solo itu menyoroti kementerian yang memiliki anggaran besar macam Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pun Kementerian Sosial yang memiliki anggaran Program Keluarga Harapan (PKH).

"Saya juga berharap Dana Desa ini juga bisa langsung segera direalisasikan sehingga desa-desa, daya beli dan konsumsinya juga tidak akan terganggu," ujar Jokowi menegaskan.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading