Hore! MRT Jakarta Dikebut, Bablas Sampai Ancol di 2023

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
04 February 2020 13:09
Fase II MRT Jakarta akan dikebut lebih cepat dari rencana semula 2024
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut pengembangan trase MRT Jakarta koridor utara-selatan terus dikebut. Dia menargetkan MRT Jakarta fase II kelar pada tahun 2023, lebih cepat dari rencana semula 2024.

"MRT tahap pertama sudah selesai. Tahap kedua diharapkan selesai pada 2023 ya yang sampai kota, terus nanti sampai Ancol," kata Budi Karya Sumadi ketika ditemui di Jakarta, Selasa (4/2/20).

Proyek MRT fase II akan dibangun dengan koridor selatan-utara. Proyek ini merupakan lanjutan dari fase I yang kini sudah beroperasi hingga Bundaran HI. Sedangkan MRT Jakarta fase III dibangun dengan koridor timur-barat.


"Yang east-west itu kita akan mulai 2022, selesai 2026," imbuh Budi Karya.

Secara terpisah, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, pernah menjelaskan bahwa koridor timur-barat akan terdiri dari wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.



"Khusus untuk wilayah DKI Jakarta akan terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama sepanjang 20,1 km yang membentang dari Kalideres hingga Cempaka baru," ujarnya dikutip CNBC Indonesia dari laman resmi MRT Jakarta, Selasa (4/2/20).

Tahap pertama tersebut terdiri dari dua jenis jalur. Pertama, yaitu jalur layang dari Kalideres hingga Grogol sepanjang sekitar 11 km dan jalur bawah tanah dari Grogol hingga Cempaka Baru sepanjang sekitar 9.

"Tahap kedua sepanjang 11,6 km yang membentang dari Cempaka Baru hingga Ujung Menteng. Tahap kedua seluruhnya adalah jalur layang," kata William.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading